Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

4 Alasan Menarik Kuliah di Prancis

Prancis adalah negara bergaya hidup modern dengan keindahan alam dan arsitektur menakjubkan, makanan lezat, dan kaya akan sejarah. Tak heran jika ada ribuan orang yang berminat untuk mendapatkan beasiswa kuliah ke Prancis.

Ketika menempuh pendidikan di Prancis, tentu banyak pengalaman yang bisa Anda dapatkan. Mengenal budaya baru, belajar bahasa Prancis, dan bertemu mahasiswa dari negara lain. Inilah 4 alasan mengapa Anda harus kuliah di Prancis.
 

4 Alasan Banyak Orang Kuliah di Prancis dengan Beasiswa Prancis


Alasan Banyak Orang Kuliah di Prancis dengan Beasiswa Prancis

Kuliah dengan beasiswa Prancis memberi Anda pengalaman untuk belajar bahasa dan budaya. Ini akan memberi keunggulan kompetitif saat ingin mengejar karir secara internasional. Berikut adalah 4 alasan mengapa Anda harus berkuliah di Prancis.

1. Reputasi Akademis yang Terkenal


Prancis terkenal memiliki sistem pendidikan berkualitas tinggi. Sekolah-sekolah terkenal dengan berbagai disiplin ilmu telah mendapatkan reputasi yang sangat baik, misalnya Université Paris – Sorbonne dan Sciences Po.

Jika mendapatkan beasiswa kuliah ke Prancis untuk jurusan ilmu hukum, Panthéon – Assas University dan Université Paris Nanterre adalah pilihan tepat. Ingin belajar desain busana? Institut Français de la Mode adalah salah satu tempat belajar terbaik di dunia.

Keunggulan Prancis dalam hal pendidikan tinggi dan penelitian telah diakui di seluruh dunia. Banyak universitas di Prancis menempati peringkat tinggi dalam peringkat internasional paling terkemuka.

Sebut saja The Financial Times Ranking, Times Higher Education, The Shanghai Ranking, The QS, dan European Union’s U-Multirank. Belajar di Prancis berarti Anda akan mendapat manfaat dari pengakuan ini berupa riwayat pendidikan yang kompetitif.

2. Fasih dalam Berbahasa Prancis


Belajar di Prancis akan mendorong Anda untuk belajar bahasa baru, karena kesempatan untuk berbicara dalam bahasa Inggris atau bahasa ibu mungkin terbatas. Apalagi, banyak universitas dan sekolah bisnis yang menawarkan kelas bahasa Prancis.

Belajar bahasa Prancis memiliki banyak manfaat. Manfaat pertama adalah Anda dapat berkomunikasi dengan ratusan juta orang pengguna bahasa Prancis di seluruh dunia.

Kedua, jika dalam sebuah hubungan bisnis internasional menggunakan bahasa Prancis, maka menguasai bahasa ini akan memudahkan proses kerja Anda.

Ketiga, menguasai bahasa Prancis dapat memudahkan Anda untuk mempelajari bahasa Roman lainnya, seperti Spanyol, Italia, Portugis, dan Rumania.

3. Beasiswa Kuliah ke Prancis, Biaya Pendidikan Terjangkau


Alasan lain untuk belajar di Prancis adalah tingginya dukungan pemerintah kepada mahasiswa. Pendidikan adalah item anggaran terbesar bagi negara Prancis yang menyerap lebih dari 20% dari anggaran.

Anggaran ini memungkinkan pemerintah Prancis untuk memberikan sistem pendidikan tinggi terbaik di dunia dan yang paling mudah diakses. Universitas dan sekolah tinggi di Prancis menawarkan pendidikan berkualitas tinggi tanpa biaya kuliah yang mahal.

Mahasiswa yang berasal dari Uni Eropa tidak diwajibkan untuk membayar biaya pendidkan lebih tinggi dari mahasiswa Perancis. Pemerintah Perancis telah mengalokasikan sejumlah besar bantuan bagi mahasiswa internasional.

Hebatnya, jika kuliah di universitas negeri, maka Anda hampir tidak dikenai biaya kuliah. Sebagian besar universitas negeri di Prancis membebaskan biaya kuliah dan hanya membebankan administrasi dengan jumlah yang tidak seberapa kepada mahasiswanya.

Biaya hidup bisa sangat tinggi jika Anda kuliah di kota besar di Prancis. Untungnya, pemerintah dan universitas hadir dan mendukung mahasiswa secara finansial.

Mahasiswa dapat mengajukan permohonan aide personnalisée au lodgement dan menerima uang yang bisa dipakai untuk biaya sewa. Sebagian besar museum dan pertunjukan budaya tersedia gratis atau menawarkan diskon besar untuk pelajar.
 

4. Negara yang Kaya akan Budaya


Belajar di Prancis tidak melulu memikirkan akademis merencanakan karir, Anda bisa memperkaya diri dengan budaya dan tradisi negara ini. makanan dan anggur adalah poin utama budaya Prancis.

Namun, Anda juga bisa mempelajari aspek utama lain, seperti seni, mode, sejarah, sastra, dan gaya hidup. Banyak hal yang bisa dijelajahi di seluruh Prancis. Selain Paris yang terkenal, ada Bordeaux, Lyon dan Marseille yang memiliki warisan budaya sendiri.

Secara keseluruhan, mendalami budaya Prancis bisa melalui berbagai bentuk. Belajar di Prancis pastinya akan menjadi petualangan yang berharga dan tak terlupakan.

Memiliki banyak hal yang ditawarkan, tidak mengherankan jika ribuan mahasiswa memilih beasiswa Prancis setiap tahun. Schoter merekomendasikan 4 macam beasiswa dari pemerintah Prancis yang bisa Anda coba.

Jika ingin mendapatkan beasiswa kuliah ke Prancis, maka konsultasikan persiapan yang harus Anda lakukan dengan mentor Schoters. Schoters adalah bimbingan kuliah dan beasiswa luar negeri yang terpercaya dan terlengkap di Indonesia.
Show Comments

Popular Post