Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Aneka Pilihan Nasi Tumpeng Jakarta Utara Hits

Pesonabudaya.com - Dahulu, nasi tumpeng hanya memiliki satu model yaitu bentuk gunung. Hiasannya juga sangat sederhana, pun demikian dengan lauk pendampingnya. 

Tapi seiring waktu, banyak perubahan yang terjadi, nasi tumpeng menjadi lebih modern tanpa menghilangkan unsur tradisi yang ada di dalamnya. Yaitu sebagai nasi yang dilambangkan untuk tanda syukur dan saling berbagi pada sesama.

Model Nasi Tumpeng Jakarta

Model Nasi Tumpeng Jakarta

Macam-macam nasi tumpeng Jakarta Utara yang kekinian dan banyak digemari misalnya:

1. Tumpeng karakter

Nasi kuning yang dicetak dengan menggunakan cetakan karakter kartun, maupun barbie dan bentuk hewan. Biasanya untuk acara ultah anak, khitanan dan berbagai acara lainnya yang berhubungan dengan anak-anak.

2. Tumpeng mini

Jika biasanya nasi tumpeng dibuat besar untuk dimakan beramai-ramai, maka tumpeng mini khusus untuk satu porsi saja. Sehingga bisa dinikmati langsung untuk satu orang, bahkan sudah dikemas dalam kemasan khusus yang lucu-lucu.

3. Tumpeng tingkat 

Variasi dari tumpeng segitiga atau tumpeng gunung yang biasa kita lihat. Dicetak dalam cetakan khusus yang bertingkat, biasanya berbentuk istana atau kotak maupun bulat dengan berbagai ukuran.

4. Tumpeng pelangi

Bukan modelnya, melainkan warna dari tumpengnya itu sendiri. Jika biasa berwarna kuning, maka tumpeng pelangi warna-warni dari aneka sayuran, seperti beet, bayam, bunga telang dan lainnya. 

Lauk-Pauk Nasi Tumpeng Jakarta Utara Hits

Setelah mengetahui apa saja model nasi tumpeng yang sedang hits, sekarang kita bisa mulai menyiapkan lauk yang akan disajikan untuk mendampingi nasi kuning tersebut. Di bawah ini adalah beberapa ide lauk yang bisa dipilih untuk pendamping nasi tumpeng:

- Telur dadar

Ini adalah lauk paling sederhana yang bisa menjadi pendamping nasi tumpeng, hanya tinggal didadar tipis-tipis lalu diiris. Sekarang banyak yang mengkreasikan telur dadar menjadi dadar gulung supaya lebih menarik. 

- Ayam kremes

Sebagai lauk pendamping, ayam kremes bisa jadi pilihan yang tepat. Citarasanya yang gurih dan renyah, cocok dengan nasi tumpeng yang pulen. Bisa juga ayam goreng lengkuas atau resep olahan ayam lainnya.

- Urap sayuran

Supaya ada asupan seratnya juga, sediakan urap sayuran yang lezat untuk lauk pendamping. Biasanya disajikan terpisah dengan kelapanya, supaya tidak cepat basi. 

- Tempe kering

Lauk tempe kering juga favorit untuk disajikan bersama dengan nasi kuning. Biasanya dipotong-potong dalam bentuk memanjang kecil-kecil, atau juga bentuk kotak-kotak.

- Telur balado

Olahan telur dengan bumbu cabai yang pedas ini bisa menyeimbangkan rasa nasi tumpeng jadi lebih istimewa. Bukan hanya bumbu balado, namun juga bumbu kecap maupun diolah dengan bumbu rujak.

- Perkedel

Perkedel daging bisa menjadi teman lauk bagi nasi tumpeng, juga cantik saat disandingkan untuk hiasan tumpeng.

- Sambal

Jangan lupakan sambal, sebab orang Indonesia tidak bisa makan tanpa ada sambal. Baik itu sambal terasi, sambal tomat, sambal bajak dan aneka macam sambal lainnya. 

- Lalapan 

Jika ada sambal, maka wajib ada lalapan juga. Biasanya adalah timun yang sudah diiris-iris, lalu kacang panjang dan selada atau lalapan lain sesuai selera

- Sate telur puyuh 

Sate telur puyuh juga seringkali hadir untuk menyemarakkan lauk pendamping untuk nasi tumpeng. 

Itulah dia macam-macam lauk pauk untuk nasi tumpeng kekinian. Jika Anda yang merupakan warga Jakarta dan sedang mencari tumpeng kekinian untuk semua acara, bisa mempercayakannya ke Royal Tumpeng.

Kunjungi royaltumpeng.com atau bisa kontak ke 0812 8760 8239 untuk memilih nasi tumpeng Jakarta Utara mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda dan memesannya untuk acara terbaik yang akan Anda laksanakan.

Mengapa memilih Royal Tumpeng


Show Comments

Popular Post