Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

3 Destinasi Wisata Alam di Jawa Barat yang Harus Kamu Ketahui

Jika berbicara mengenai destinasi wisata maka pembahasannya akan merembet ke sewa bus pariwisata dan sewa bus Jakarta. Sebelum membahas sewa busa pariwisata dan sewa bus Jakarta, simak dulu ulasan destinasi wisata alam di Jawa Barat berikut ini.

Destinasi Wisata Alam di Jawa Barat


Destinasi Wisata Alam di Jawa Barat

Rekreasi merupakan kebutuhan mendasar seseorang agar tidak penat dengan rutinitasnya. Refreshing akan lebih nikmat jika dilakukan bersama alam.

Ketika berwisata alam, seolah-olah tubuh kita jadi turut membumi dan melepaskan segala bebannya. Berikut ini tiga destinasi wisata alam Jawa Barat yang harus dicoba.
 

1. Pangandaran


Apa yang terlintas dibenakmu ketika mendengar kata Pangandaran? Mungkin yang ada dibenakmu ketika kata ini disebutkan yaitu nama suatu desa, kecamatan, kabupaten, dan obyek wisata.

Semua hal itu benar, pasalnya memang lokasi yang berjarak kurang lebih 200 Km dari Bandung ini memang mewakili nama dari suatu desa, kecamatan, kabupaten, maupun obyek wisata.

Sewa bus pariwisata tentu tidak asing dengan lokasi wisata yang ada di area pantai selatan serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah ini. Banyak obyek yang dapat kamu kunjungi ketika berwisata ke Pangandaran.

Pangandaran memang tersohor dengan pantainya. Ketika mengunjungi Pantai Pangandaran, sebaiknya kamu tidak melewatkan untuk berkunjung ke Kampung Turis. Kamu perlu tahu bahwa Kampung Turis ini terkenal dengan hiburan malam dan pusat seafood-nya.

Di Kampung Turis kamu bisa melakukan swafoto dengan view cantik sambil ditemani hidangan dari kafe dan resto yang berjajar disekelilingnya. Jika kamu sudah sewa bus Jakarta untuk ke Pangandaran, jangan lupa cicipi masaka seafood-nya yang khas ini.

Obyek wisata lainnya yang bisa kamu nikmati ketika berada di Pangandaran yaitu Grand Canyon yang terletak di Desa Kertayasa. Di lokasi ini kamu bisa menikmati keindahan tebingnya yang tinggi dengan aliran Sungai Cijulang di sisi bawahnya.

Di lokasi ini kamu juga bisa menikmati wisata air berupa body rafting. Kegiatan susur sungai ini akan memberikan pengalaman menakjubkan yang tak terlupakan saat kamu harus menghadapai arus linear maupun turbulen yang berubah-ubah.
 

2. Kawah Putih


Tempat wisata yang berlokasi di Ciwidey Bandung ini sudah mulai diizinkan beroperasi lagi sejak bulan September 2021. Kawah Putih berada di ketinggian 2434 Mdpl dan dikelola oleh Perhutani. Kamu bisa sewa bus pariwisata jika ingin sampai di lokasi Kawah Putih.

Kawah Putih selalu konsisten dengan warna kawahnya yang putih ke hijauan. Jadi, tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa warna kawahnya selalu berubah-ubah. Meskipun warnanya sangat mempesona, tapi kamu tidak boleh berlama-lama dengannya.

Pengunjung Kawah Putih hanya diizinkan berada di kawah utama paling lama 6 jam. Itupun kamu tetap tidak diperbolehkan untuk berenang dikawah putih kehijuannya tadi. Peraturan ini diberlakukan agar menghindari bahaya yang mungkin ditimbulkan.

Menurut pengunjung yang sempat berkunjung ke tempat wisata ini, bau belerang yang terhirup selama 10 menit ketika kamu berada di kawah utama bisa membuatmu tersiksa. Meskipun demikian, lokasi ini tetap ramah bagi pengunjung lansia.

Pasalnya pengelola lokasi wisata tersebut menyediakan fasilitas-fasilitas yang sekiranya dapat memanjakan para manula. Masih banyak hal lainnya yang diperbaharui oleh pihak pengelola agar semakin banyak wisatawan yang berkenjung.

Lokasi ini cocok bagi kamu yang ingin mengadakan acara keakraban. Pasalnya kamu bisa memilih paket acaranya dan untuk mencapai lokasi, kamu bisa sewa bus pariwisata atau sewa bus Jakarta.

Setiap paket yang ditawarkan mewajibkanmu agar setidaknya berjumlah delapan orang. Ada dua paket yang bisa kamu pilih, yaitu paket backpacker dan paket explorer. Tentunya kedua paket ini memilik harga dan fasilitas yang berbeda.

Meskipun kamu nantinya kesana dengan sewa bus pariwisata atau sewa bus Jakarta, tetapi untuk menuju ke lokasi kawah utama tetap akan diantarkan oleh ontang-anting. Fasilitas ontang-anting ini sudah menjadi satu kesatuan dengan biaya masuknya.

Tapi jika tidak ingin menggunakan pelayanan berupa paket aktivitas yang berkelompok, kamu bisa menikmati wahana yang ada disana sesuai keinginanmu. Dengan begitu kamu cukup membayar biaya masuk dari masing-masing wahana dan fasilitas yang ada.

Wahana yang tersedia di Kawah Putih yaitu wahana kuda tunggang, wahana panahan, wahana taman bermain mini, wahana view desk sunan ibu, jembatan apung, dan jasa fotografer profesional.

Sedangkan fasilitas berbayar lainnya yang bisa kamu nikmati yaitu foto season atau foto pre wedding, video shooting, dan lokasi wedding outdoor. Setiap fasilitas tersebut dibandrol dengan harga yang berbeda.
 

3. Kampung Naga


Kampung yang kental akan kearifan lokal Sunda ini berlokasi di Desa Neglasari, Kecamatan Slawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Untuk menikmati kekentalan budaya Sundanya, kamu hanya perlu meminta izin kepada sesepuh dan penduduk disana.

Jika sudah mengantongi izin dari mereka, maka kamu bisa menginap disana tanpa perlu membayar biaya masuk. Sebelum memutuskan untuk menginap disana, kamu harus tahu budaya yang mereka lakukan selama ini agar tidak kaget nantinya.

Salah satunya yaitu tentang minimnya penerangan atau bisa dibilang tidak tersedianya listrik. Mereka tidak ingin terpengaruh dengan kehidupan luar. Sehingga sangat menjaga apa yang nenek moyangnya wariskan sejak zaman dahulu.

Termasuk tentang menjaga kesederhanaan, tradisi, dan keharmonisan dengan alam sekitar. Bahkan disana masih terdapat area hutan larangan yang mana lokasi tersebut masih asli sejak dulu kala. Ketika berada disana, keaslian alamnya akan membuatmu takjub.

Kampung Naga kini memiliki Tugu Kujang sebagai ikonnya agar orang-orang lebih mudah dalam mengenalnya. Tugu Kujang tersebut dibangun dari 999 keris dan dikombinasikan dengan logam lainnya, lalu dibentuk menjadi kujang besar.

Menurut cerita yang berkembang, eyang dari para warga di kampung terebut adalah Pangeran Singaparna. Kearifan dan kebijaksanaan Pangeran Singaparna ini kemudian menjelma menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari di Kampung Naga.

Sewa Bus Pariwisata Melody Transport


Sewa Bus Pariwisata Melody Transport

Tiga lokasi wisata di atas hanya sebagaian dari destinasi wisata alam yang ada di Jawa Barat. Untuk mencapai lokasi tersebut, kamu bisa sewa bus pariwisata Melody Transport.

Sewa bus pariwisata Melody Transport menyediakan berbagai jenis kendaraan yang dilengkapi fasilitas toilet dan smoking area. Melody Transport sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan mobil dengan kapasitas tempat duduk antara 31 sampai 59 kursi penumpang.

Mesin pada bus yang sudah memenuhi standar EURO3 dan EURO4 akan membuatmu nyaman ketika berada di perjalanan. Selama perjalanan, kamu juga akan ditemani dengan desain interior bus yang ciamik dan berbagai fasilitas premium lainnya.

Sewa bus pariwisata Melody Transport menjangkau lokasi pelayanan yang luas. Selain menyediakan layanan untuk area Jakarta, Melody Transport juga menyediakan area layanan antar daerah dan pulau.
Show Comments

Popular Post