Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Daftar Universitas Terbaik di Luar Negeri

Saat ini, minat pelajar Indonesia untuk kuliah di luar negeri semakin tinggi. Itulah mengapa, pencari beasiswa luar negeri juga selalu mengalami kenaikan. Tentu saja hal ini tidak terjadi begitu saja.

Beberapa alasan yang banyak disampaikan adalah terkait kualitas pendidikan, jurusan yang lebih spesifik, perbedaan cara belajar mengajar. Hingga yang tak kalah menarik adalah untuk mendapatkan pengalaman di dunia internasional.

Banyak sekali universitas besar yang kemudian menjadi sasaran mahasiswa Indonesia. Universitas-universitas tersebut pada umumnya memang memiliki value tertentu. Dalam artian, bahwa sangat besar kemungkinan antar satu universitas dengan yang lain memiliki goals yang berbeda.

Berikut ini ada beberapa daftar universitas yang bisa dijadikan referensi untuk mendapatkan beasiswa.

Daftar Universitas Terbaik Penerima Beasiswa Luar Negeri


Daftar Universitas Terbaik Penerima Beasiswa Luar Negeri

  1. Nanyang Technological University (NTU) – Singapura : Untuk yang belum tahu, universitas ini menerima beasiswa mulai dari S1. Informasi selengkapnya silakan kunjungi saja website resmi mereka.
  2. University of Oxford – Inggris : Oxford tentu tidak asing lagi di telinga. Beasiswa di sini juga mulai dari jenjang S1. Salah satu tokoh publik alumni universitas ini adalah Maudy Ayunda.
  3. University of Cambridge – Inggris : Di kampus ini, membuka peluang besar untuk pendaftaran beasiswa mulai dari S1 hingga S2.
  4. Stanford University – Amerika Serikat : Universitas Stanford membuka pintu untuk pendaftar beasiswa mulai dari jenjang S1 hingga S3, loh! Yuk siapkan dengan baik persyaratannya.
  5. Beijing Institute of Technology – China : Ingin menjadi sarjana teknik luar negeri? Nah, yang berpengaruh di China ini membuka pendaftaran beasiswa untuk jenjang Sarjana. Lengkapi persyaratannya, ya.
  6. Harvard University - Amerika Serikat : Salah satu universitas terbaik di dunia ini, juga membuka pendaftaran beasiswa luar negeri mulai dari jenjang sarjana hingga doktoral, loh!
  7. University of Melbourne – Australia : Universitas Melbourne juga termasuk dalam Group of Eight. Group of Eight sendiri adalah kumpulan dari delapan universitas terbaik di Australia.
  8. University of Tokyo – Jepang : Program studi S2 yang cukup favorit di Universitas Tokyo adalah lingkungan hidup. Didanai penuh oleh pemerintah Jepang, program beasiswa ini memberikan asuransi kesehatan untuk mahasiswanya.
  9. University of Helsinki - Finlandia : Jangan salah, Universitas Helsinki melakukan pemeriksaan kemajuan studi di tahun pertama. Jadi, pastikan teman-teman menguasai program magister yang dipilih ya.
  10. Korea University (KU) – Korea Selatan : Universitas ini membuka pendaftaran beasiswa untuk program sarjana dan pascasarjana. Salah satu yang menarik adalah adanya program konseling untuk penerima beasiswa.
  11. Moscow State University (MSU) – Rusia : Universitas Moscow juga membuka program beasiswa untuk program S1 hingga S3. Salah satu yang menarik adalah pemerintah Rusia tidak menjadikan kemampuan berbahasa sebagai persyaratan utama, loh! Sebab nantinya akan diberikan pelatihan Bahasa Rusia secara gratis selama setahun.
  12. Massachusetts Institute of Technology (MIT) – Amerika Serikat : Untuk yang ingin mendaftar beasiswa luar negeri di kampus ini, segera lakukan persiapan IELTS ya. Karena salah satu tahap tesnya adalah wawancara. MIT juga merupakan salah satu kampus dengan desain gedung cukup artistik, loh!
  13. University of Munich (LMU Munich) – Jerman : Beberapa konsentrasi studi yang cukup terkenal di universitas ini adalah jurusan teknik, kesehatan dan sains terapan.
Perlu teman-teman ketahui, daftar universitas di atas tidak disusun berdasarkan peringkat, ya. Nama-nama universitas di atas memang disusun secara acak.

Setelah mengetahui daftar-daftar universitas terkemuka di dunia, pertanyaan selanjutnya adalah sejauh mana persiapan teman-teman untuk beasiswa ini?

Salah satu persyaratan yang cukup menantang adalah tes IELTS. Tes ini memang didesain untuk mengetahui seberapa tinggi pemahanan kita terhadap Bahasa Inggris. Karena bagaiamanapun, bahasa Inggris akan menjadi bahasa utama ketika berkomunikasi di negara tujuan beasiswa.

Untuk persiapan IELTS ini, tentu saja kita butuh waktu yang tidak sebentar. Sebab meskipun terlihat sederhana tapi ternyata butuh banyak kemampuan, salah satunya adalah kemampuan berbahasa.

Schoters adalah salah satu website yang sangat cocok untuk diakses bagi teman-teman yang sedang mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa luar negeri.

Karena tidak hanya memberikan ulasan lengkap mengenai universitas-universitas di luar negeri, di sana juga memberikan informasi terkait beasiswa luar negeri hingga persiapan IELTS.
Show Comments

Popular Post