Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

7 Manfaat Aplikasi Sisko untuk Guru dan Siswa

Sisko saat ini menjadi primadona tersendiri bagi kebanyakan sekolah modern. Sistem informasi sekolah yang berbasis web ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan sekolah untuk mengurus administrasi lebih cepat dan lebih baik. Selain itu berguna juga untuk guru dan siswa.

Apa Aplikasi Sisko itu?


Apa Aplikasi Sisko itu?

Aplikasi Sisko adalah aplikasi yang berisi tentang segala informasi sekolah. Aplikasi ini dibangun dengan sistem berbasis web yang bisa diakses melalui internet. Gunanya untuk mengurus administrasi sekolah dalam berbagai bentuk, seperti pendataan siswa baru, data presensi siswa, data raport, sampai data siswa lulus. Semuanya lengkap.

Aplikasi Sisko memiliki 2 jenis, yaitu Sisko Online dan Sisko Cloud.

1. Sisko Online


Sisko yang sudah diinstal pada suatu server, namun server tersebut dimiliki pihak sekolah atau Kementrian Kebudayaan. Kalau sudah begitu, sisko online akan terpakai saat instalasi sudah terpasang. Pihak sekolah dapat menggunakan aplikasi sisko ini untuk keperluan administrasi sekolah, sehingga lebih tertata dan rapi.

2. Sisko Cloud


Sisko cloud adalah aplikasi sisko yang bisa digunakan langsung karena servernya sudah disediakan oleh vendor. Contohnya adalah vendor pijar sekolah yang terintegrasi dengan Sisko Cloud. Adanya vendor ini, membuat sistem sisko cloud tak perlu diinstal terlebih dulu pada perangkat tertentu, karena sudah terhubung langsung dengan internet.

Pengguna dapat langsung menggunakan sistem sisko cloud dengan mudah melalui perangkat gadget yang dipunyai, seperti laptop, PC, tablet maupun smatphone.

Manfaat Aplikasi Sisko untuk Guru


Aplikasi sisko bermanfaat sekali untuk membantu kinerja guru di sekolah. Beberapa manfaatnya yaitu :

1. Memiliki Waktu Mengajar Lebih Banyak


Tugas utama pengajar atau guru adalah mengajar. Kalau di sela-sela mengajar masih mengurusi administrasi seperti input nilai dan sebagainya, maka waktu untuk mengajar dan mempersiapkan bahan ajar jadi berkurang. Dengan adanya sisko, penginputan data menjadi lebih mudah dan cepat. Sehingga waktu guru bisa lebih banyak digunakan untuk mengajar.

2. Sharing Sesama Pengajar Soal Test


Aplikasi sisko dilengkapi dengan fitur forum diskusi online, fitur ini bisa digunakan oleh sesama pengajar untuk saling berdiskusi dalam memberikan soal test pada siswana. Guru juga bisa berbagi soal untuk diberikan kepada siswa dengan angkatan yang sama.

Sharing antar sesama ini bisa menumbuhkan kerukunan dan kerjasama yang baik antar pengajar dalam memberikan pengajaran yang sistematis kepada murid-muridnya.

3. Membangun Budaya Saling Menghargai


Selain bertukar soal test, para pengajar juga bisa memberikan review terhadap metode pembelajaran yang diberikan oleh sesama pengajar yang lain. Hal ini bisa menumbuhkan sikap saling menghargai antar sesama pengajar dan juga saling memberi masukan. Tujuannya agar tercipta sistem pembelajaran yang sistematis dan sama rata.

4. Proses Pembelajaran Lebih Praktis


Fitur yang ada di dalam sisko membantu guru untuk mengabsen siswa dan menilai perkembangan siswa dalam kelas dengan lebih baik, tanpa perlu mengecek satu per satu secara manual. Cara ini lebih praktis, sehingga guru punya lebih banyak waktu untuk memikirkan tentang cara pembelajaran yang efektif dan terbaik. Proses pembelajaran pun berjalan lebih praktis dan efisien.

5. Pengingat Jadwal Mengajar dalam Genggaman


Pada pembelajaran online, terkadang guru salah masuk kelas karena banyaknya kelas yang akan diajarnya. Dengan sistem Sisko, guru bisa menyetel alarm sehingga jadwal mengajar bisa diatur dengan lebih baik. Guru juga bisa mempersiapkan lebih dulu, materi pelajaran untuk kelas yang akan diajarnya. Sehingga kesalahan masuk kelas tidak terulang lagi.

6. Silabus dan RPP Lebih Praktis


Silabus dan RPP bisa diatur dengan lebih tertata dan mudah melalui aplikasi Sisko. Guru bisa berdiskusi dengan pengajar lain untuk mengatur silabus melalui forum diskusi. Dengan demikian, silabus pun bisa beragam dan lebih terarah.

7. Input Nilai dan Sistem Absensi Lebih Mudah


Memasukkan nilai dan absensi siswa diakui memang kegiatan administrasi yang paling banyak menyita waktu. Dengan sistem Sisko, kegiatan seperti ini akan lebih mudah dilakukan karena nilai masuk otomatis ke sistem. Guru tidak perlu mengecek satu per satu secara manual lagi. Tugas guru pun jadi lebih cepat dan praktis.

Manfaat Aplikasi Sisko untuk Siswa


Selain berguna untuk mengembangkan sistem pembelajaran guru di sekolah, aplikasi Sisko juga berguna untuk murid-muridnya. Beberapa manfaat aplikasi sisko untuk para siswa, diantaranya :

1. Latihan Kompetensi Online


Sisko sudah terintegrasi dengan portal e learning yang menyediakan banyak latihan soal secara online. Siswa bisa berlatih mengerjakan soal-soal tersebut untuk meningkatkan kemampuan belajar anak secara siginifikan. Melalui banyak latihan, siswa jadi lebih paham akan materi yang diberikan. Selain itu juga bisa lebih siap menghadapi berbagai macam soal latihan di sekolah.

2. Meningkatkan Wawasan Siswa


Wawasan siswa akan menjadi luas dengan beragam materi yang diberikan oleh integrasi pijar e-learning yang ada di Sisko. Siswa dapat membaca dan mempelajari materi dengan lebih lengkap. Pemahaman akan semakin baik dan wawasan pun semakin meningkat.

3. Mempermudah Akses Informasi Sekolah


Akses informasi sekolah akan semakin mudah melalui sisko. Seperti pengumuman penting sekolah, jadwal pelajaran terbaru, nilai siswa saat ujian dan informasi lainnya yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar. Tak perlu menempel di madding lagi atau menyuarakan ke siswa satu per satu. Semuanya bisa dilakukan lewat satu aplikasi yaitu sisko.

4. Proses Belajar yang Menyenangkan


Belajar melalui sisko akan memberikan pengalaman baru bagi siswa, karena sisko dilengkapi dengan fitur yang memudahkan siswa dalam belajar dan memahami materi pelajaran. Kegiatan belajar siswa pun menjadi lebih menyenangkan. Apalagi di sisko juga diasah mengenai bakat dan cara mengembangkan diri melalui forum diskusi.

5. Berlatih Mengemukakan Pendapat


Jika di dalam kelas, siswa malu untuk bertanya atau mengemukakan pendapat. Di sisko, pengalaman tersebut bisa diasah melalui forum diskusi terbuka. Siswa pun belajar untuk tampil percaya diri.

6. Membangun Jiwa Kompetisi yang Sehat


Ada fitur tes online yang bisa dimanfaatkan siswa beda sekolah untuk melatih diri menjawab soal. Fitur ini berguna untuk menumbuhkan jiwa kompetisi yang sehat, karena siswa bisa melihat kemampuan siswa lain yang lebih unggul.

7. Membangun Komunitas


Fitur pertemanan dan media sosial dalam sisko berguna untuk menambah pertemanan antar siswa, sehingga tumbuh komunitas yang sehat. Siswa jadi bisa belajar bersama di sana.

Itu dia beberapa manfaat aplikasi sisko bagi guru dan siswa. Terbukti jika aplikasi sisko memang bagus untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa.
Show Comments

Popular Post