Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Apa Saja Manfaat Mendaki Gunung untuk Kesehatan?

Manfaat Mendaki Gunung - Beberapa waktu yang lalu, mendaki gunung sempat menjadi sebuah tren di tengah masyarakat. Akan tetapi setelah trend itu berakhir, mereka yang berbondong-bondong naik gunung akhirnya menyerah dan tak lagi naik gunung. Padahal bagi para pecinta gunung sejati, mendaki gunung membawa banyak sekali manfaat.

Manfaat mendaki gunung bagi kesehatan sangat banyak, bukan hanya menghilangkan stres dan kepenatan setelah bergulat dengan aktivitas harian yang padat, namun juga memberikan berbagai manfaat lainnya yang luar biasa. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, pastikan Anda mengikuti tips mendaki gunung terlebih dahulu.

Misalnya dengan melakukan pemanasan sebelum naik gunung, memperhitungkan waktu pendakian, jumlah perbekalan yang akan dibawa dan berbagai teknis lainnya yang wajib Anda persiapkan dengan maksimal.

5 Manfaat Mendaki Gunung untuk Kesehatan Jiwa dan Raga


Manfaat Mendaki Gunung untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

Di bawah ini adalah manfaat mendaki gunung yang bisa didapatkan, jika mendaki dengan cara yang benar dan tepat:

1. Baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung


Ini adalah manfaat pertama yang bisa Anda rasakan ketika mendaki gunung. Dengan perjalanan mendaki yang terus menanjak, maka jantung dan paru-paru akan bekerja dengan lebih berat. Walau demikian, hal itu justru bisa menurunkan isiko penyakit jantung dan stroke bagi orang tersebut.

Jadi ketika Anda mendaki gunung, yang terjadi adalah suplai oksigen dan peredaran darah yang terjadi dalam tubuh meningkat, ditambah dengan udara bersih sekitar pegunungan, bebas polusi dan bagus sekali untuk tubuh Anda secara keseluruhan.

2. Mampu kurangi stres dan tingkatkan rasa bahagia


Bukan rahasia lagi jika semua aktivitas harian sangat padat dan kadang memuakkan. Degan mendaki gunung, bisa membantu Anda untuk mengurangi stres dan juga meningkatkan rasa bahagia juga. Salah satunya karena bisa melihat pemandangan yang sangat indah sepanjang jalan.

Bahkan menariknya lagi, berjalan kaki dengan durasi yang panjang ternyata bisa tingkatkan kadar kebahagiaan Anda, dibandingkan jika berjalan di tread mill dengan waktu yang sama. Jadi, walaupun Anda akan lelah saat mendaki gunung, namun bonusnya adalah pikiran menjadi sangat lega, bahagia dan rileks.

3. Untuk memperkuat otot kaki Anda


Untuk sampai ke puncak, Anda harus melewati banyak halangan dan rintangan yang bervariasi. Dari mulai jalanan menanjak, yang berkerikil dan berbatu, tanah yang licin dan lain sebagainya. Dengan melalui itu semua, maka Anda akan melatih kekuatan otot kaki dengan baik. Bila mendaki gunung dengan rutin, maka otot kaki Anda bisa terbentuk dengan bagus.

4. Memperkuat daya ingat


Perlu Anda ketahui jika aktivitas fisik memiliki dampak yang positif untuk kesehatan otak Anda. Ketika Anda mendaki gunung, maka perlu insting yang tepat untuk mengingat, juga memiliki pengelolaan emosi yang terbaik. Bila Anda mendaki gunung, ternyata mampu membuat daya ingat yang Anda miliki menjadi lebih kuat dan semakin tajam pula memori yang Anda miliki.

5. Tulang Jadi Lebih Padat


Ada banyak cara yang harus Anda ketahui untuk memadatkan tulang dan salah satunya adalah selalu berjalan kaki di berbagai kesempatan. Misalnya menaiki tangga ketimbang lift, pergi ke warung dengan jalan kaki ketimbang pakai motor dan tentu saja dengan mendaki gunung secara teratur. Dengan kontur tanah yang berbeda-beda, maka Anda bisa memberikan terapi yang baik untuk kaki dan tulang, juga memadatkannya.

Apalagi sambil mendaki gunung, Anda akan menikmati rasanya sinar matahari pagi yang hangat menyelimuti tubuh. Bila tulang Anda sehat, maka Anda pun bisa terhindar dari berbagai masalah tulang yang mengganggu, misalnya osteoporosis dini. Dengan tulang yang kuat, tentu Anda bisa lebih aktif bergerak tanpa masalah kesehatan apapun.

Itulah dia sebagian dari manfaat mendaki gunung yang harus Anda ketahui, sehingga lebih semangat untuk mendaki gunung. Jangan lupa mengunjungi Super Adventure, untuk menemukan berbagai tips mendaki gunung dan informasi lifestyle kekinian. Bagi Anda pecinta mendaki gunung, Anda bisa temukan tips terkini untuk pendakian yang lebih aman dan nyaman. Bukan hanya itu, berbagai informasi seputar hobi pun lengkap dibahas di website yang satu ini.

Kunjungi superadventure.co.id sekarang juga dan dapatkan berbagai informasi kekinian yang wajib Anda dapatkan.
Show Comments

Popular Post