Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

5 Tanaman Obat Lokal, Kekayaan Budaya Dalam Penyembuhan

Tanaman obat biasa dikenal dengan nama tumbuhan herbal. Jenis tanaman tersebut sudah digunakan sejak zaman nenek moyang terdahulu. Tidak hanya Indonesia saja, namun juga berlaku di berbagai belahan dunia lainnya.

Berbicara tentang tanaman obat, ada banyak jenis yang bisa Anda ketahui dan manfaatkan khasiatnya. Bahkan, kemungkinan besar tumbuhan tersebut ada di sekitar rumah Anda. Mau tahu apa saja jenis dan khasiatnya? Simak berikut.

Inilah 5 Jenis Tanaman Obat yang Berkhasiat Tinggi


Tanaman Obat Lokal, Kekayaan Budaya Dalam Penyembuhan

Kaya akan manfaat dan tentunya mampu mengobati berbagai penyakit, inilah 5 jenis tanaman herbal yang khasiatnya tinggi.

1. Lidah Buaya


Lidah buaya atau Aloe Vera merupakan tanaman berdaun tebal yang memiliki gen seperti jelly di dalamnya. Tanaman ini bisa tumbuh subur di wilayah tropis maupun subtropis.

Selain menjadi tanaman hias, lidah buaya juga tergolong sebagai tanaman obat wasir. Ini dikarenakan lidah buaya memiliki sifat antimikroba yang mampu mengurangi pertumbuhan bakteri.

2. Jahe


Kemudian, ada jahe. Tumbuhan herbal ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Tidak hanya sebagai bahan obat, namun jahe juga sering dimanfaatkan sebagai bumbu bahan makanan, atau minuman.

Jahe sendiri memiliki beberapa kandungan seperti antiinflamasi dan analgesik yang dapat dimanfaatkan untuk meredakan berbagai macam penyakit.

Makanya, jahe juga termasuk tanaman obat untuk batuk berdarah. Selain itu, khasiatnya juga bisa mengurangi peradangan sehingga meredakan nyeri pada penderita.

3. Kunyit


Penyakit ginjal merupakan penyakit yang sangat umum terjadi di kalangan masyarakat. Kondisi ini membuat fungsi ginjal akan mengalami penurunan secara bertahap.

Alhasil, ginjal tidak akan mampu secara maksimal menyaring racun yang ada di dalam tubuh. Nah, salah satu tanaman obat untuk memperbaiki fungsi ginjal adalah kunyit.

Kunyit memiliki kandungan senyawa kimia yang bernama kurkumin. Fungsinya adalah menumpulkan efek molekul inflamasi serta enzim yang menyebabkan penyakit ginjal.

Kemudian, kunyit juga dapat membantu untuk mengontrol gula sehingga mampu meminimalkan risiko terjadinya komplikasi gagal ginjal. Oleh karena itu, kunyit sering digunakan sebagai tanaman obat untuk memperbaiki fungsi ginjal.

4. Serai


Tanaman obat yang keempat adalah serai. Anda sudah pasti mengetahui tumbuhan yang satu ini bukan?. Serai adalah salah satu tanaman obat susah tidur yang paling sering dimanfaatkan orang untuk berbagai kebutuhan.

Serai yang memiliki aroma unik memiliki berbagai kandungan yang mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang agar lebih baik. kandungan tersebut dipercaya mampu mengurangi kecemasan serta ketegangan pada tubuh.

Selain itu, serai juga dapat mengobati infeksi, gigi berlubang, menghilangkan rasa sakit, mengobati penyakit kulit, kaya antioksidan, serta mengurangi perdagangan.

5. Bawang Putih


Jika Anda sedang mencari tanaman obat untuk kolesterol, bawang putih dapat menjadi pilihan yang tepat. Manfaat ini bisa diperoleh dari kandungan zat allicin yang dimiliki oleh bawang putih.

Dengan mengkonsumsinya secara rutin, kadar kolesterol dalam tubuh akan semakin normal. Tak hanya itu, bawang putih juga mempunyai berbagai manfaat.

Misalnya menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung, mencegah gangguan otak, mengatasi sakit maag, meredakan flu, hingga mencegah kanker lambung.

Meskipun bawang putih lebih banyak digunakan sebagai bumbu masakan, namun siapa sangka jika manfaat dan khasiatnya sangat krusial untuk tubuh manusia.
Sudah Tahu Manfaat dan Khasiat 5 Tanaman Obat Lokal di Atas

Setelah mengetahui penjelasan di atas, 5 tanaman obat lokal di atas memang berkhasiat tinggi. Namun, sebelum mengkonsumsinya usahakan untuk mencari tahu efek samping maupun pantangan-pantangan yang sekiranya membahayakan.

Kemudian, untuk mengetahui informasi terkait tanaman obat lainnya, Anda bisa berkunjung ke Halodoc. Situs yang menyediakan informasi lengkap serta akurat.
Show Comments

Popular Post