Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Gili Trawangan: Surga Divers untuk Pecinta Bawah Laut

Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dari ketiga pulau kecil (gili) yang berada di Pulau Lombok. Gili Trawangan menjadi destinasi terbaik untuk Anda yang sedang berwisata di Pulau Lombok. Selain bersantai dan melihat indahnya pantai pasir putih, Anda bisa menikmati keindahan bawah laut Gili Trawangan.

Alam bawah Gili Trawangan menciptakan daya pikat tersendiri untuk para wisatawan yang memiliki hobi menyelam (divers) atau yang sekadar mencari pengalaman menyelam di Gili Trawangan. Dengan beragam pilihan aktivitas menarik yang ditawarkan, maka tidak heran pulau ini menjadi tujuan wisata yang cukup populer serta ideal untuk liburan bersama keluarga dan teman-teman.

Bagi Anda yang ingin berkunjung dan berlibur ke Gili Trawangan, tersedia beberapa pintu masuk menuju pulau tersebut. Apabila datang dari Lombok, Anda bisa melalui dermaga Bangsal, Teluk Kode, dan Teluk Nara.

Tempat-tempat tersebut menyediakan boat ataupun perahu motor yang memuat kapasitas hingga 50 orang dengan keberangkatan setiap hari menuju Gili Trawangan. Sementara dari Pulau Bali to Gili Trawangan, tersedia fast boat (kapal cepat) dengan beberapa pilihan dermaga, diantaranya speed boat dari dermaga Serangan, Sanur, Padang Bai, dan Amed.

Tempat Menyelam di Gili Trawangan


Tempat Menyelam di Gili Trawangan

Para divers memilih Gili Trawangan sebagai tempat terbaik untuk menyelam karena keindahan alam bawah laut yang begitu cantik, airnya jernih, serta arus laut yang tenang. Selain itu, terdapat berbagai biota laut yang menjadi daya tarik, mulai dari ikan badut (nemo), penyu, ikan pari, koral, terumbu karang, hingga ikan hiu.

Disuguhkan pula berbagai spot menyelam Gili Trawangan dan sekitarnya yang bisa Anda jelajahi, seperti Deep Turbo, Halik Reed, Jack Point, Shark Point, Bounty Reef, Trawangan Slope, Coral Fan Garden, Simons Reef, dan lainnya.

Deep Turbos


Terletak di lepas pantai timur Gili Trawangan, Deep Turbos cocok untuk Anda yang bisa menyelam hingga kedalaman 30 meter. Pada bagian bawah, Anda akan menemukan dasar pasir dengan gundukan laut yang besar, berbagai karang indah, serta kipas laut besar yang melindungi beberapa biota menakjubkan.

Halik Reed


Spot ini sangat bagus untuk para penyelam multi-level dengan beragam karang yang terlihat di sepanjang jalan. Dengan kemiringan curam membentang dari 5–24 meter, penyelam pemula bisa menyelam dangkal dan melihat banyaknya biota laut. Anda bisa melihat penyu laut nan cantik berkeliaran di perairan dangkal.

Jack Point


Di sepanjang tepi utara Gili Trawangan, Anda akan diperlihatkan dua punggungan karang yang dipisahkan oleh pasir putih di kedalaman 24 meter. Spot ini menjadi tempat favorit pelatihan khusus nitrox, serta bisa diselam hingga kedalaman 35 meter lebih.

Di antara tumpukan bukit, para ikan berkumpul, seperti jenis Bigeye Trevally, hiu karang sirip putih dan hitam, Pari Manta, serta Pari Elang Tutul.

Shark Point


Selain Jack Point, di bagian utara Gili Trawangan juga terdapat Shark Point yang memiliki dasar dengan pasir datar. Tempat ini menjadi spot terbaik apabila Anda ingin melihat kehidupan laut yang lebih besar dan menakjubkan.

Di sini terdapat hiu karang, sotong, ikan pari yang tengah menetap di lembah terjal, serta penyu yang beristirahat di perairan dangkal. Kakatua Bumphead besar sesekali datang ke spot ini hanya di waktu tertentu. Anda akan diperlihatkan dengan pari besar dan sekumpulan ikan trevally.

Dengan beragam keindahannya, Anda akan disuguhkan pilihan tempat dan waktu terbaik untuk menyelam di Gili Trawangan, seperti menyelam dengan arus, menyelam di tempat dangkal dan dalam, menyelam di waktu malam atau siang hari, serta menyelam di sekitaran terumbu karang yang indah.

Apabila Anda berada di Bali, perjalan dari Bali to Gili Trawangan tentu membutuhkan kapal atau perahu. Namun, tidak perlu khawatir, Anda bisa melakukan pemesanan speedboat melalui Gili Voyages.
Gili Voyages

Mengoperasikan jaringan terluas di Bali, Gili Voyages menawarkan berbagai pilihan rute, mulai dari Bali to Gili Trawangan, Gili Trawangan to Bali, Gili Meno, Gili Air, Lombok, Nusa Penida, dan Nusa Lembongan.

Gili Voyages menyediakan pilihan berbagai jenis kapal, diantaranya Luxury Motor Yacht 49 (12 orang), Freebird Express (146 penumpang), The Angkal Fast Cruise (80–100 penumpang), Starfish Fast Cruise (80 penumpang), Golden Queen Fast Boat (116 orang), Maruti Express (70–100 penumpang), dan masih banyak lagi.

Melalui Gili Voyages, Anda bisa melakukan pemesanan tiket fast boat secara online dengan tarif hemat hingga mendapatkan voucher diskon. Segera kunjungi laman resmi Gili Voyages untuk Informasi lengkap seputar rute destinasi Bali to Gili Trawangan ataupun Gili Trawangan to Bali, dan cara pemesanannya.
Show Comments

Popular Post