Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Mengenal Tes MMPI Online dari NS Development

Anda pasti tidak asing mendengar istilah psikotes online. Ya, psikotes merupakan alat yang digunakan untuk menilai dan mengevaluasi kepribadian/kondisi psikologis seseorang.

Salah satu jenis psikotes yang digunakan secara profesional adalah Tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory). Mari mengenal Tes kepribadian MMPI online lebih jauh.

Mengenal Tes MMPI Online


Tes MMPI secara Online adalah salah satu alat uji yang digunakan untuk mendiagnosis kepribadian dan psikopatologi. Tes MMPI ada sejak tahun 1930 dan terus dikembangkan untuk memberikan hasil yang akurat hingga saat ini.

MMPI tes online di Indonesia sendiri banyak digunakan untuk kebutuhan klinis dan menilai kepribadian seseorang secara lengkap, sehingga dapat dilakukan pengobatan atau perawatan yang tepat untuk orang yang menderita gangguan kejiwaan.

Saat ini Tes MMPI online Indonesia tidak hanya digunakan untuk mendeteksi gangguan kejiwaan seseorang saja, tetapi sudah digunakan untuk bidang lain seperti forensik untuk kasus kriminal hingga skrining calon pekerja dalam proses recruitment karyawan.

Tes MMPI juga dapat digunakan untuk berbagai kasus hukum seperti sengketa hak asuh anak, atau digunakan untuk melakukan seleksi calon pekerja di posisi tertentu yang memiliki risiko tinggi.

Penggunaan Tes MMPI Online


Mengenal Tes MMPI Online dari NS Development

Tes MMPI digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Di Indonesia, biasanya psikotes online terutama MMPI ini digunakan untuk:

  1. Alat penelitian epidemiologi dengan menggunakan kriteria kepribadian seseorang.
  2. Membantu status kesehatan mental pasien gangguan jiwa melalui evaluasi psikologis.
  3. Alat pendeteksi gejala gangguan kejiwaan sehingga dapat menentukan perawatan yang sesuai.
  4. Alat penelitian psikologi, diantaranya untuk menentukan perbedaan kriteria kepribadian.
  5. Alat evaluasi kesehatan mental orang tua.
  6. Alat forensik kesehatan mental atau pendeteksi kesehatan mental tersangka kriminal
  7. Profiling kepribadian untuk kebutuhan organisasi, misalnya skrining calon pekerja.
  8. Alat penilai kepribadian dan kesehatan mental untuk calon penerima posisi publik seperti tentara, polisi, pejabat publik (bupati, gubernur hingga presiden), pilot, pemadam kebakaran, dan jabatan penting lainnya.

Tes MMPI Online di NS Development


NS Development (NSD) merupakan lembaga penyelenggara tes MMPI Online Indonesia melalui platform aplikasi psikotes terpercaya di Indonesia. Aplikasi NS Development didukung oleh beragam fitur yang memudahkan pelaksanaan tes secara online.

Keunggulan NS Development adalah pelaksanaan tes MMPI secara online dapat Anda lakukan sendiri (individual) ataupun massal (klasikal) dengan menggunakan alat-alat tes yang telah tervalidasi.

Hasil tes bisa Anda peroleh secara cepat paling lama 1x24 jam beserta dengan deskripsi hasil yang tersedia secara lengkap. Hasil tes pun dapat diunduh langsung melalui sistem.

Keunggulan lainnya tes MMPI Indonesia online dari NS Development:

  1. Layanan psikotes online terintegrasi dengan fitur bimbingan & konseling, lowongan kerja, asesmen jabatan, dan fitur lainnya.
  2. Dapat digunakan sebagai aplikasi recruitment. Software terintegrasi secara end to end untuk pencatatan kebutuhan karyawan, posting lowongan kerja, psikotes online, hingga hasil interview.
  3. Fitur lowongan kerja untuk mempertemukan pelamar dan recruiter.
  4. Menyediakan bantuan cari psikolog yang akan memberikan informasi psikolog dan lokasi detail di dekat tempat tinggal Anda.
  5. Menyediakan tes potensi akademik (TPA) secara online untuk mengasah potensi Anda.
  6. Multi user dan multi akses yang memungkinan Anda mengakses fitur dan tes yang berbeda. Tes dapat dilakukan secara individu dan massal dengan satu klik menu akses.

MMPI Tes Online dari NS Development menyediakan tiga tipe tes, yaitu MMPI-1 yang berjumlah 566 soal, Tes MMPI-2 yang berjumlah 567 soal, dan Tes MMPI-2/RF sebanyak 338 soal.

Tipe Tes MMPI-2 merupakan versi paling lama dan merupakan jenis tes yang paling banyak dipakai. Sementara itu, Tes MMPI-2/RF adalah alternatif untuk tes sebelumnya dan dipercaya memiliki hasil lebih akurat, namun jenis tes ini masih mengalami perkembangan.

Bagi orang normal, rata-rata dapat mengerjakan tes kepribadian MMPI online selama 45-90 menit. Namun, bagi orang yang memiliki gangguan kesehatan mental kemungkinan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan keseluruhan soal.

Jika Anda tertarik atau membutuhkan psikotes online, terutama untuk tes MMPI, segera daftarkan diri atau organisasi Anda di NS Development.

Meregistrasikan akun baru di NSD, form registrasi akan dikirim via email dan gratis. Setelah registrasi dan login berhasil, Anda dapat langsung mengerjakan Tes MMPI online.
Show Comments

Popular Post