Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Rahasia Para Guru: Mudah Kelola Tugas Siswa

Bagi seorang guru, melakukan kelola tugas yang lebih tertata untuk siswa tentu menjadi hal yang sangat penting.

Sebab, tugas untuk siswa dirancang dengan tujuan mulia untuk membantu siswa mengulang kembali apa yang sudah dipelajarinya di dalam kelas.

Sedangkan bagi seorang guru, cara ini dapat menjadi bahan analisis tentang sejauh mana pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan.

Tidak hanya itu saja, guru di sekolah memberikan tugas kepada siswa untuk melatih kedisiplinan, kemandirian dan tanggung jawab pada dirinya sendiri dan progress pembelajarannya.

Namun, apakah tugas siswa di rumah benar-benar memberikan pengaruh yang positif dan efektif dalam pembelajaran siswa, khususnya di masa pasca pandemi seperti saat ini? Yuk simak cara kelola tugas siswa yang benar pada artikel ini!

Cara Kelola Tugas Bagi Guru dan Siswa


Cara Kelola Tugas Bagi Guru dan Siswa

Tentunya dalam rangka meningkatkan efektivitas belajar, setiap siswa di sekolah memiliki tugas yang biasanya harus mereka kerjakan.

Secara umum, tugas sekolah adalah segala sesuatu yang harus dikerjakan oleh siswa atas permintaan guru yang mengajar.

Tugas ini akan diberikan dalam bentuk individu ataupun kelompok dalam rangka menguatkan materi yang sebelumnya sudah dipelajari di dalam kelas.

Oleh sebab itulah, agar tugas yang diberikan kepada siswa menjadi lebih efektif, tentu ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang guru.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah bagi seorang guru agar mampu kelola tugas sekolah siswa dengan lebih efektif yaitu:

1. Berikan Tugas Sesuai dengan Kemampuan Murid


Cara utama yang harus diperhatikan dalam rangka kelola tugas murid adalah memastikan untuk memberikannya sesuai dengan batas kemampuan yang mereka miliki.

Oleh karena itulah, guru yang cerdas tentu akan mampu untuk merancang tugas yang dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sesungguhnya.

Tugas yang sesuai dengan kemampuan siswa akan lebih mudah untuk dilihat grafik perkembangannya sehingga guru menjadi lebih mudah menemukan hal-hal yang sesungguhnya menjadi hambatan bagi mereka.

2. Pertimbangkan Kualitas Tugas Dibandingkan Kuantitas


Dibandingkan dengan memberikan tugas dalam jumlah banyak yang bahkan malah akan membuat siswa menjadi tertekan, maka penting untuk memberikan tugas dalam jumlah yang tepat namun efektif.

Penting juga untuk mempertimbangkan waktu siswa dalam mengerjakan serta mempersiapkan tugas yang dibutuhkan agar hasilnya menjadi lebih maksimal.

Sebab, memberi tugas kepada siswa memiliki tujuan awal untuk memotivasi bukan untuk membebaninya. Bagaimana cara siswa mengerti tujuan dari sebuah materi dan pembelajaran ketika mereka sendiri berada dalam kondisi yang tidak optimal?

3. Berikan Instruksi Tugas yang Jelas


Saat memberikan tugas kepada siswa, sangat penting bagi guru untuk memberikan instruksi yang jelas supaya mereka mampu memahami hal yang harus dilakukan.

Sebab, para siswa seringkali gagal dalam mengerjakan tugas karena tidak memahami hal yang guru sampaikan.

4. Pertimbangkan Kegiatan Lain dalam Kalender Pendidikan


Cara kelola tugas lainnya yang lebih efektif bagi seorang guru yaitu adalah mempertimbangkan tugas dengan kegiatan lain dalam kalender pendidikan. Apabila sudah mendekati ujian, tentu seorang guru tidak ingin siswanya tertekan karena banyaknya tugas yang dimiliki kan?

Namun saat endemik seperti saat ini, selain memperhatikan cara kelola tugas siswa, penting juga untuk mengintegrasikan sistem tugas dengan platform digital agar penilaian dan proses assestment siswa menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Pijar Sekolah, Solusi Tepat untuk Bantu Guru Kelola Tugas Siswa dengan Efektif


Apabila dulu guru hanya menggunakan cara manual dalam memeriksa dan melakukan kelola tugas, maka kini Anda sudah bisa melakukannya dengan mudah bersama Pijar Sekolah.

Pijar Sekolah hadir sebagai platform digital yang mampu mendukung sekolah untuk menghadirkan berbagai pembelajaran digital yang berkualitas serta sistem informasi manajemen bagi yayasan pendidikan yang dapat memudahkan kinerja guru.

Ada beberapa fitur penting yang ditawarkan Pijar Sekolah yang tentunya sangat efektif untuk seluruh kegiatan operasional sekolah diantaranya adalah:

1. Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sekolah


Kehadiran fitur ini tentu akan sangat membantu untuk membuat data sekolah menjadi lebih terorganisir dan rapi. Hal ini tentu akan sangat membantu guru dan pihak sekolah lainnya dalam pembuatan laporan data jika dibutuhkan.

Selain itu, pihak sekolah juga akan menjadi lebih mudah dalam melakukan pencarian data sehingga mampu meningkatkan efisiensi saat bekerja.

2. Konten Pelajaran


Pijar Sekolah juga menyediakan fitur konten pembelajaran dalam bentuk digital yang sudah disesuaikan dengan silabus kurikulum 2013, 2013 revisi, hingga revisi 2017.

Hal ini tentu dapat mendukung siswa untuk mendapatkan sumber tambahan dalam belajar sekaligus mendukung pembelajaran jarak jauh.

3. Uji Kompetensi dan Penilaian


Fitur ini mampu menghadirkan ujian dengan cara terintegrasi dengan ujian berbasis komputer offline sehingga sistem penilaian juga dapat dilakukan secara otomatis begitu siswa menyelesaikannya.

Hal ini tentu menjadi pilihan efisien dan hemat bagi seluruh sekolah dan dapat diterapkan dimanapun seperti di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

4. Tugas


Pada fitur ini, guru dapat melakukan kelola tugas siswa dengan lebih mudah secara online sekaligus memberikan penilaian hanya dalam satu platform saja.

Bahkan guru juga dapat mengirim beberapa jenis soal bersamaan untuk kelas yang berbeda sehingga lebih mudah bila dibandingkan dengan bekerja secara manual.

Itulah berbagai cara kelola tugas siswa dengan lebih efektif dan tepat. Jadi apabila sekolah Anda ingin fokus mencapai tujuan yang diinginkan maka memilih Pijar Sekolah sebagai salah satu platform yang digunakan tentu menjadi hal yang tepat.
Show Comments

Popular Post