Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

10 Tips Belajar Bahasa Jawa untuk Pemula

Menurut data dari Ethnologue, Indonesia mempunyai 726 bahasa dari beragam suku dan etnis di seluruh Indonesia. Sesuai seperti apa yang dilansir dari https://mpotimes.com/belajar-bahasa-jawa, Bahasa Jawa menjadi bahasa daerah yang paling sering digunakan di Indonesia.

Indonesia dilimpahi kekayaan akan kebudayaan dan adat istiadat yang begitu beragam. Bicara tentang kebudayaan, bahasa menjadi salah satu hal yang sangat lekat dengan budaya begitu juga bahasa daerah. Indonesia bahkan menempati posisi kedua di dunia sebagai negara yang memiliki banyak bahasa daerah setelah Papua Nugini.

Bahasa Jawa yang menduduki peringkat nomor satu bahasa daerah yang paling sering digunakan, membuat banyak orang yang tertarik untuk belajar Bahasa Jawa. 

Tips Belajar Bahasa Jawa untuk Pemula

Sama seperti belajar bahasa yang lain, belajar Bahasa Jawa juga bisa dilakukan secara otodidak. Anda tak perlu khawatir atau bingung sebab berikut ada beberapa tips yang dapat diterapkan sehingga Anda akan mahir menuturkan Bahasa Jawa:

1. Komitmen


Komitmen sangat diperlukan dalam melaksanakan hal apa pun, termasuk dalam proses belajar Bahasa Jawa. Anda perlu dan wajib menanamkan komitmen dalam diri Anda untuk Belajar Bahasa Jawa.

2. Konsisten


Teman dari komitmen adalah konsisten. Percuma jika Anda mempelajari Bahasa Jawa tanpa konsisten. Sebab pondasi belajar bahasa adalah sebuah konsisten sehingga Anda dapat terus ingat dan terbiasa dalam menggunakannya.

3. Mengetahui Tingkatan dalam Bahasa Jawa


Keunikan dari sebuah bahasa adalah berbagai tingkatannya, begitu pula dengan Bahasa Jawa. Tingkatan yang dimaksud adalah bagaimana bahasa yang digunakan ketika berbicara kepada orang yang lebih tua, teman sebaya, dan juga untuk yang lebih muda. Tingkatan dalam Bahasa Jawa sendiri dalam artikel https://mpotimes.com/belajar-bahasa-jawa dibagi menjadi 3 tingkatan pemakaian.

Ada Bahasa Jawa Ngoko, tingkatan ini digunakan kepada usia yang sebaya dan orang yang telah dikenal atau akrab. Jangan sampai Anda menggunakan Bahasa Jawa Ngoko kepada orang yang lebih tua karena hal tersebut adalah hal yang tidak sopan.

Sementara untuk Bahasa Jawa Krama merupakan bahasa halus dan sopan yang digunakan kepada orang yang lebih tua atau ketika berbicara di depan orang yang lebih tua. Selanjutnya, ada Bahasa Jawa Krama Inggil yaitu digunakan untuk orang yang dihormati dan orang yang berilmu.

4. Praktik Secara Langsung


Anda tidak akan pernah bisa berbicara Bahasa Jawa jika tidak digunakan. Praktik menggunakan Bahasa Jawa yang telah Anda ketahui saat berbicara membuat Anda terus mengingat kosa kata tersebut. 

Tidak perlu malu atau takut melakukan kesalahan justru dengan Anda praktik menggunakan Bahasa Jawa saat Anda melakukan kesalahan orang lain yang lebih paham akan membenarkan dengan tepat sasaran atas kesalahan Anda.

5. Mencari Teman Orang Jawa


Saat Anda mempunyai teman orang Jawa asli tentu akan mempermudah Anda untuk memperlancar Bahasa Jawa karena Anda akan lebih mudah memahaminya dari sang ahli. Anda juga bisa bertanya kepada teman Anda mengenai kata atau kalimat yang Anda tidak paham.

6. Mendengarkan Lagu Bahasa Jawa


Sudah menjadi hal umum lagu bisa membuat Anda lebih mudah menghafal kosa kata dan kalimat yang terdapat pada lirik lagu tersebut.

7. Membaca Buku atau Artikel Bahasa Jawa


Selain mendengar, sering membaca tulisan Bahasa Jawa pun akan meningkatkan kemampuan Bahasa Jawa Anda.

8. Menonton Film atau Video Bahasa Jawa


Menonton juga adalah salah satu komponen untuk memperluas kosa kata Bahasa Jawa Anda dan membantu meningkatkan kemampuan Anda dalam memahami Bahasa Jawa secara visual.

9. Mengunduh Aplikasi Kamus Bahasa Jawa


Pada masa lalu Anda perlu membawa kamus ke mana-mana namun, masa kini sudah banyak aplikasi kamus Bahasa Jawa yang tersedia. Hal ini akan memudahkan Anda ketika Anda lupa sebuah kosa kata atau mencari arti dari kosa kata tersebut.

10. Menetap atau Tinggal di Daerah yang Masyarakatnya Menggunakan Bahasa Jawa


Hal terbaik dalam belajar bahasa adalah dengan dikelilingi orang yang menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa utama dalam berkomunikasi. Anda akan terus mendengar dan tertuntut untuk menggunakan Bahasa Jawa untuk berinteraksi.

Itulah beberapa tips untuk mempelajari Bahasa Jawa, semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam belajar Bahasa Jawa. Ingat dengan Anda belajar Bahasa Jawa tandanya Anda ikut memberikan kontribusi dalam melestarikan budaya. 

Anda juga bisa melihat artikel https://mpotimes.com/belajar-bahasa-jawa ini untuk menambah pengetahuan mengenai Bahasa Jawa.
Show Comments

Popular Post