Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Kiat Wirausaha dari Ahli untuk Civitas Universitas Pertamina

Bisa dibilang, jika Universitas Pertamina (UPER) adalah salah satu universitas swasta terbaik yang bisa dibanggakan oleh masyarakat Indonesia.

Universitas ini berada langsung di bawah pengawasan Yayasan Pertamina sendiri. Seperti nama yang digunakan, kampus ini memang banyak menyediakan pilihan prodi yang berkaitan dengan industri teknologi, sains dan tentu saja humaniora.

Salah satu hal yang ingin bisa diwujudkan oleh Universitas Pertamina adalah mencerdaskan seluruh bangsa. Maka, untuk mencapai hal ini, universitas ini memberikan banyak penawaran beasiswa dengan berbagai keuntungan dan kriteria untuk para calon mahasiswanya.

Untuk bisa menjadi salah satu universitas swasta terbaik dalam Top World University, Universitas Swasta berusaha untuk mencetak sebanyak mungkin sumber daya manusia yang memiliki kemampuan bersaing di dunia global dan menjadi yang terdepan.

Itulah mengapa, beberapa waktu yang lalu, pihak Universitas Pertamina berkesempatan tergabung dalam diskusi dengan berbagai ahli kewirausahaan di muka para civitas akademik, dengan tujuan untuk membuka dan meluaskan wawasan para hadirin.

Sekolah Wirausaha ini, pihak Universitas Pertamina ingin memberikan dukungan semangat kepada seluruh mahasiswanya agar siap mendirikan usaha rintisan.

Hal ini juga sebagai dukungan terhadap Perpres No. 2 Tahun 200 tentang Pengembangan Kewirausahaan, yakni memberikan peningkatan kualitas SDM di bidang tersebut.

Mari kita lihat, beberapa trik yang disampaikan oleh para ahli yang hadir dalam acara virtual tersebut.

Trik Sukses Jadi Pengusaha Muda dari Ahlinya


Trik Sukses Jadi Pengusaha Muda dari Ahlinya

Cari Tahu Trend Pasar


Hal ini juga seperti yang dikatakan oleh Eddi Danusaputro (Presdir PT Mandiri Capital Indonesia), bahwa seorang pengusaha haruslah melakukan penelitian yang mendalam tentang barang dan jasa apa yang akan kita tawarkan.

Selain itu, menentukan target pasar juga hal yang sangat penting. Karena dengan demikian, kita tahu bagaimana karakter calon konsumen dan juga bisa menentukan strategi pemasarannya.

Sediakan Jasa dan Hasilkan Produk Dagang yang Baru


Tentu kita tahu, jika saat ini semakin banyak ragam barang dan jasa yang ditawarkan oleh para pengusaha. Namun, sebagai pengusaha, Universitas Pertamina ingin adanya usaha-usaha baru yang akan tetap laku dan dibutuhkan masyarakat.

Masih disampaikan oleh narasumber sebelumnya bahwa saat produk dagang tidak laku, biasanya karena tidak ada inovasi dari pemilik usaha.

Eddi juga menegaskan, jika pengusaha haruslah berpikir tentang nilai kebermanfaatan suatu barang dan jasa.

Pandai Memanfaatkan Peluang


Pandai memanfaatkan peluang yang dimaksud di sini adalah peka terhadap kondisi sekitar. Sebagai pengusaha muda, alangkah bijaknya jika kita berani untuk berkolaborasi, bekerjasama dan bersinergi dengan pihak-pihak lain.

Padang Wicaksono, Direktur Pendidikan Vokasi UI juga mengatakan, jika Universitas Pertamina melalui Program Inkubasi Bisnis bisa menjadi solusi untuk pengembangan usaha.

Hal ini lantaran dalam program tersebut, ada pembelajaran dan pemberian dana untuk bisnis rintisan dari pihak kampus. Bukankah ini juga bisa membuktikan jika UPER merupakan universitas swasta terbaik dalam urusan entrepreneur?

Jadikan Tantangan Menjadi Peluang


Ini bukanlah isapan jempol semata. Sebab Dita Aisyah selaku Co Founder & Chief Business Development Officer Binar Academy juga menyepakati hal ini.

Beliau juga menambahkan, bahwa seorang pengusaha haruslah mampu mengubah setiap tantangan menjadi peluang untuk berkembang dan mengembangkan usaha.

Segera Eksekusi


Andy F. Noya yang juga seorang jurnalis senior ini mengajak semua civitas akademik untuk segera memulai langkahnya. Menurutnya, para calon pengusaha muda ini harus berani mengambil sikap nyata.

Mengingat saat ini, akses pengusaha untuk mendapatkan bantuan modal, kolaborasi hingga mitra sangat mudah dijangkau.

Hal menarik juga disampaikan oleh pihak Universitas Pertamina melalui Budi Soetjipto selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, bahwa saat ini ada sekitar 30 macam usaha rintisan mahasiswa yang dibina langsung oleh pihak kampus.

Universitas Pertamina, Siap Lahirkan Pengusaha Muda Intelektual


Pembinaan usaha yang diberikan oleh pihak kampus, juga meliputi pelatihan (kepemimpinan, manajemen keuangan hingga branding), Sekolah Wirausaha seperti kelas entrepreneur di atas sampai dengan bantuan pemberian akses kemitraan.

Budi Soetjipto juga menambahkan, jika tak sedikit usaha para mahasiswa ini yang kemudian mendapatkan suntikan bantuan dana dari pihak luar. Bahkan, banyak juga bisnis-bisnis tersebut yang akhirnya menyabet penghargaan di tingkat dalam dan luar negeri.

Salah satunya adalah Southeast Asia Startup Summit 2019. Dengan adanya hal ini, tentu kita tahu, bahwa dukungan pihak kampus sendiri untuk peningkatan kualitas SDM pengusaha muda tidaklah setengah-setengah.

Selain kabar menarik di atas, universitas swasta yang berada di Jl. Teuku Nyak Arief, Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta ini juga mengajak para mahasiswanya untuk menjadi pihak-pihak yang banyak bergerak di bidang bisnis energi.

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik, maka pembelajaran di kampus ini telah menggunakan sistem bilingual sebagai pengantar pembelajaran. Hal ini juga sebagai cara untuk menyiapkan SDM berkualitas di tengah Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Pertamina? Ada beberapa fakultas yang siap menerima teman-teman, seperti :

  • Teknologi Industri,
  • Sains dan Ilmu Komputer,
  • Perencanaan Infrastruktur,
  • Komunikasi dan Diplomasi,
  • Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dan
  • Ekonomi & Bisnis.

Bagaimana? Ingin menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Pertamina? Yuk segera daftarkan diri teman-teman, melalui website resmi Universitas Pertamina, ya. Selamat bergabung.
Show Comments

Popular Post