Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Belum Tahu Apa Itu Tune Up Mesin Mobil? Pahami Penjelasannya Berikut Ini!

Buat kamu yang sudah cukup sering menggunakan aplikasi bengkel mobil tentu sudah sangat familiar dengan istilah tune up mobil, bukan? Nah, jangan Cuma sekedar melihat saja, tapi kamu juga perlu tahu dengan jelas apa itu tune up mesin mobil.

Seringkali, perawatan tune up mobil dianggap sama seperti service mobil. Padahal, kedua jenis perawatan mobil tersebut sama sekali berbeda. 

Service mobil merupakan rutinitas yang wajib dilakukan sesuai jadwal yang disarankan, misalnya sebulan atau maksimal tiga bulan sekali. Sedangkan, tune up mesin tidak sering dilakukan seperti halnya service mobil. Lantas, apa itu tune up mesin mobil?

Pahami Apa Itu Tune Up Mesin Mobil dan Komponen Apa Saja yang Diperiksa Saat Tune Up Mobil


Pahami Apa Itu Tune Up Mesin Mobil dan Komponen Apa Saja yang Diperiksa Saat Tune Up Mobil

Meskipun tujuan apa itu tune up mesin mobil sama dengan service yaitu memaksimalkan kinerja mesin mobil, namun tune up mobil merupakan perawatan yang lebih intens dibandingkan dengan sekedar melakukan service. 

Tune up mesin mobil merupakan kegiatan penyetelan kembali seluruh komponen penting dalam mesin mobil agar performa mobil kembali optimal. 

Karena itu, biaya tune up mesin mobil juga cenderung lebih mahal dibandingkan melakukan service ringan.

Ketika kamu membeli mobil bekas, tune up mesin mobil tentu sangat penting dilakukan agar pemeriksaan dilakukan dengan lebih maksimal. 

Proses tune up mesin mobil antara lain mencakup memeriksa suku cadang dan mengganti suku cadang yang sudah tidak layak digunakan, hingga melakukan pembersihan pada ruang bakar mesin.

Nah, setelah mengetahui apa itu tune up mesin mobil, kamu pasti ingin tahu juga kan pemeriksaan dan perawatan apa saja yang dilakukan ketika kamu melakukan tune up di bengkel mobil? 

Berikut ini beberapa komponen mobil yang akan diperiksa dan bila perlu diganti saat kamu membawa mobilmu untuk tune up di bengkel.

1. Pemeriksaan Karburator


Komponen mobil yang disebut juga dengan throttle body ini merupakan salah satu bagian yang wajib akan diperiksa saat kamu melakukan tune up mobil di bengkel. 

Para mekanik pada umumnya menggunakan cairan penetran atau sering dikenal dengan carburator cleaner untuk membersihkan bagian throttle body yang tersumbat oleh tumpukan kotoran.

Skep pada karburator yang terhambat oleh banyaknya kotoran bisa menjadi penyebab kurangnya sirkulasi udara pada ruang pembakaran. 

Kondisi ini turut mengganggu responsivitas pada pedal gas mobil sehingga mobil bisa jadi tersendat maupun masalah lainnya.

2. Pemeriksaan Aki Mobil


Apa itu tune up mesin mobil juga mencakup pemeriksaan kondisi aki mobil. 

Langkah-langkah yang dikerjakan pada bagian ini meliputi mengecek cairan elektrolit di keseluruhan sel aki mobil, memeriksa kadar air, serta mengecek kondisi penyangga aki untuk memastikan apakah ada komponen yang sudah longgar, mulai berkarat atau bahkan sudah rusak.

Selain itu, mekanik juga akan memeriksa tegangan pada aki mobil apakah masih memenuhi standar kelayakan atau tidak. 

Tegangan aki mobil yang rendah dapat mengganggu fungsi kelistrikan pada mesin sehingga mobil bisa jadi akan sulit dinyalakan.

3. Pemeriksaan Saringan Udara


Saat melakukan tune up mobil, komponen ini merupakan salah satu bagian yang umumnya wajib diganti karena biasanya sangat kotor dan penuh dengan debu.

Saringan udara atau seringkali disebut dengan filter udara jika sudah dalam kondisi yang sangat kotor menandakan bahwa komponen tersebut sudah tidak dapat menyaring udara dengan maksimal.

Jika kondisinya memungkinkan, mekanik hanya akan membersihkan filter udara tersebut agar dapat digunakan kembali. 

Namun, pada kondisi tertentu, mekanik dapat memutuskan untuk mengganti filter udara yang sudah tidak layak digunakan bahkan dapat mengganggu kinerja pada mesin mobil.

4. Pemeriksaan Terhadap Fan Belt


Fan belt atau tali kipas pada mobil suatu waktu dapat mengalami keausan, retak, atau menurunnya tingkat kelenturan dari komponen tersebut. 

Hal ini tentu dapat mengganggu performa mobil bahkan membuat mobil tidak aman untuk dijalankan. Namun, jangan khawatir karena pemeriksaan terhadap komponen mobil yang satu ini wajib dilakukan saat pengerjaan tune up mesin mobil.

5. Pemeriksaan Busi


Apa itu tune up mesin mobil pasti tidak terlepas dari pemeriksaan terhadap kondisi busi pada mesin. Busi bisa kehilangan fungsinya jika sudah mengalami pengikisan ataupun pecah.

Untuk mengetahui kondisi busi apakah masih normal atau tidak, mekanik akan melakukan pengecekan terhadap api yang timbul melalui celah busi. Jika busi masih dalam kondisi baik, mekanik hanya perlu membersihkan bagian busi menggunakan sikat kawat.

Sudah paham kan apa itu tune up mesin mobil dan pemeriksaan apa saja yang dilakukan di dalamnya? Jika kamu sudah berencana ingin melakukan perawatan tune up mesin terhadap mobil kesayanganmu, kamu bisa memilih salah satu dari ribuan mitra bengkel pilihan yang terpercaya di Otoklix!
Show Comments

Popular Post