Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Cara Memaksimalkan Tata Ruang di Dapur

Untuk memaksimalkan tata ruang di dapur, kamu perlu mengintip dekorasi rumah minimalis sederhana agar mendapat inspirasi baru. Jika kamu memperhatikan dengan seksama, maka ada satu perabot yang selalu menghiasi dekorasinya yaitu rak bumbu dapur yang ada di salah satu sisinya.

Peletakkan rak bumbu dapur yang tepat pada dekorasi rumah minimalis sederhana akan membuat ruangan terkesan lebih luas dan nyaman untuk beraktivitas di dalamnya. Terlebih lagi bagi seorang ibu yang sebagian besar waktunya dihabiskan di dapur.

Cara Memaksimalkan Tata Ruang di Dapur

Maka dari itulah dapur harus dibuat senyaman mungkin agar mood ibu tetap baik dan masakan olahannya terasa lezat dengan tampilannya yang menggugah selera. Agar dapat menciptakan dapur yang nyaman dan terkesan luas, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini.
 

Konsep Dapur Searah Jarum Jam


Mungkin sudah banyak yang menerapkan konsep dapur dengan mengusung tema searah jarum jam ini. Sehingga mereka sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Tapi bagi yang belum mengetahuinya, konsep dapur searah jarum jam ini sebenarnya adalah konsep dapur L.

Pada umumnya, kebanyakan orang yang baru mendengar tentang konsep dapur L mungkin hanya terfikir untuk mendesain dapur dengan menyerupai bentuk huruf L. Pemikiran ini memang benar, bahwa dapur minimalis akan menjadi lebih luas ketika didesain dengan konsep huruf L.

Agar pemahaman tentang konsep dapur L lebih sempurna, maka ada baiknya jika memahaminya sebagai konsep dapur searah jarum jam. Yang mana mulai dari tahap persiapan sampai makanan siap disajikan dilakukan dengan bergeser ke arah kanannya sebagaimana konsep putaran pada jarum jam.

Pada konsep dapur searah jarum jam ini akan menempatkan kulkas, area pembersihan, area pengolahan, area memasak, dan area penyiapan untuk penyajian secara berurutan disamping kanannya.

Konsep yang sistematis ini akan memaksimalkan fungsi ruang dari setiap dekorasi rumah minimalis sederhana yang ada. Selain itu hal ini juga akan memudahkanmu dalam mempersiapkan setiap hidangan yang akan disajikan untuk semua anggota keluarga.
 

Optimalkan Dinding Kosong


Untuk memaksimalkan tata ruang di dapur, maka kamu harus mengoptimalkan ruang kosong dengan benda-bena untuk dekorasi rumah minimalis sederhana yang sekaligus memiliki fungsi. Dengan cara ini dapurmu akan terlihat lebih cantik, luas, dan fungsional.

Kamu bisa mengoptimalkan ruang kosong pada bagian dinding dengan menempatkan rak dinding vertikal. Rak dinding vertikal ini bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan keinginanmua, baik itu yang berkonsep terbuka maupun tertutup.

Jika kamu memilih rak dinding terbuka, sebaiknya hanya benda-benda tertentu yang diletakkan di sana. Pasalnya jika kamu meletakkan terlalu banyak benda di rak terbuka, maka penempatan itu akan membuat dapurmu terkesan berantakan.

Lain halnya jika rak dinding tertutup yang kamu pilih. Kamu bisa memasukkan lebih banyak benda ke dalamnya. Tentunya dalam memasukkan berbagai benda itu harus dilakukan dengan rapi dan tertata agar tidak menimbulkan kekacauan berikutnya.
 

Maksimalkan Ruang Penyimpanan


Ketika membahas mengenai dapur, tentu ada banyak perabot yang turut menghiasinya. Baik itu perabotan yang bentuknya kecil-kecil sampai dengan yang bentuknya besar-besar. Agar setiap perabot memiliki rumah untuk berteduh, kamu harus bisa memanfaat setiap area penyimpanan.

Kamu bisa melakukannya dengan menempatkn rak kecil serbaguna di bagian pintu lemari untuk mengamankan benda-benda kecil. Pada bagian bawah meja dapur bisa digunakan untuk menyimpan oven, mesin cuci, maupun tabung gas.

DI bagian bawah meja dapur juga bisa kamu sisipi dengan laci yang berfungsi utnuk menyimpan peralatan makan. Kamu juga bisa menambahkan rak penyekat pada bagian laci penyimpanan yang terdapat di sisi bawah meja.
 

Tempat untuk Membeli Rak Bumbu Dapur


Bumbu dapur adalah salah satu alat tempur yang utama ketika akan mengolah suatu makanan. Sayangnya bumbu dapur seringkali tercecer tak beraturan jika tidak diletakkan pada rak. Untuk itu kamu perlu menggunakan rak bumbu dapur ini saat ingin membuat dapur menjadi telihat lebih luas.

Bagaimanapun juga kerapihan dan keteraturan adalah kunci dalam menciptakan ruangan yang terkesan lebih luas dan nyaman. Kamu bisa membeli berbagai kebutuhan berbagai rak untuk dapurmu di Grinn Living.

Jika ingin mengetahui info lebih detailnya, kamu bisa mengunjungi website resminya di www.grinnliving.com. Selain website, kamu juga bisa mengiktui info menarik mengenai promo dan update produk terbarunya dengan cara follow akun-akun media sosialnya.

Dengan mengunjungi grinnliving.com, kamu akan bisa memaksimalkan dekorasi rumah minimalis sederhana milikmu dengan rak bumbu dapur yang fungsional. Pilihlah barang-barang lainnya yang sekiranya memang benar-benar kamu butuhkan.
Show Comments

Popular Post