Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

6 Kelebihan Digital Printing untuk Tekstil

Kemajuan teknologi memiliki pengaruh besar terhadap sektor tekstil yaitu dengan adanya digital printing untuk kebutuhan kain print. Dengan begitu dapat mencetak lebih banyak motif yang diinginkan, sehingga mampu membuat gebrakan baru di dunia fashion.

Fashion tanpa inovasi seperti sayur tanpa garam. Karena, pakaian dapat menggambarkan kepribadian seseorang dan memunculkan rasa percaya diri yang besar. Inovasi sangat dibutuhkan tidak hanya dalam hal desain, melainkan dalam proses penyediaan bahan.

Untuk itulah teknologi berperan penting terhadap perkembangan tekstil dalam proses pembuatan kain printing.

Apa Itu Teknologi Digital Printing?


Teknologi digital printing adalah proses pencetakan motif atau gambar dari format digital ke media cetak. Media cetak yang digunakan dapat berupa kertas atau kain.

Proses cetak kain print dengan digital printing lebih efektif dan efisien karena tidak memerlukan proses pra cetak. Melainkan langsung print pada kain setelah desain fix dan siap naik cetak.

Proses yang cepat tersebutlah dunia fashion banyak yang menggunakan kain hasil digital printing. Terlebih saat ini banyak sekali jasa printing kain digital yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis fashion dalam skala kecil maupun besar.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai kain print yang saat ini banyak digunakan untuk keperluan tekstil, berikut akan dijelaskan kelebihan teknologi digital print.
 

Kelebihan Digital Printing untuk Tekstil


Kelebihan Digital Printing untuk Tekstil

Teknologi digital printing memberikan angin segar dalam bisnis tekstil, karena dapat menghemat waktu dan ongkos produksi. Serta, dapat mencetak berbagai jenis motif sesuai minat pasar, baik yang sedang naik daun maupun untuk kebutuhan formal.

Adapun kelebihan dari digital printing, diantaranya:
 

1. Proses yang Mudah dan cepat


Dari proses pembuatan desain hingga cetak kain dengan digital printing tidak memakan banyak waktu. Sebaliknya, dalam hitungan jam pencetakan kain bisa mencapai ratusan hingga ribuan meter kain yang dicetak.

Tidak heran jika kebutuhan akan jasa printing kain digital banyak dicari berbagai kalangan untuk kebutuhan industri tekstil, desainer maupun perorangan.
 

2. Hasil Cetak Beresolusi Tinggi


Dengan proses yang tersebut, bukan berarti menghasilkan akurasi desain kasar dengan hasil akhir jauh berbeda. Teknologi saat ini mampu membuat hasil cetak kain memiliki resolusi tinggi, bahkan ada mesin yang mampu menghasilkan gradiasi warna hingga puluhan ribu.

Oleh sebab itu, motif yang tercetak pada kain memiliki detail yang tidak jauh beda dengan desain kasarnya.
 

3. Dapat Mencetak Berbagai Jenis Motif Tanpa Batas


Digital print dapat mencetak berbagai jenis motif dari yang sederhana, rumit hingga memiliki detail-detail tertentu. Dengan kelebihan ini, akan menciptakan inovasi yang tidak terbatas di dunia bisnis fashion online.
 

4. Proses Pencetakan Lebih Efisien


Pada umumnya untuk mencetak motif pada kain terdapat proses pra cetak yang membutuhkan banyak waktu dan biaya yang tidak sedikit. Berbeda ketika memanfaatkan teknologi digital print, tidak ada lagi proses pra cetak tersebut.
 

5. Resiko Cacat Produksi Lebih Rendah


Akurasi dari hasil cetak kain digital printing sesuai dengan desainnya dan mampu mengurangi resiko cacat produksi. Itulah kenapa produksi kain print terus meningkat dan banyak dibutuhkan dalam dunia fashion.
 

6. Dapat Menghemat Biaya Produksi


Kain cetak hasil digital print dapat menekan biaya produksi lebih rendah dengan kualitas hasil produksi yang bagus. Dengan begitu dapat menjual produk fashion dengan harga yang bersaing di pasar.

Hadirnya teknologi digital printing membuka peluang besar untuk memulai bisnis fashion online. modal yang dibutuhkan pun tidak besar karena biaya produksi sangat terjangkau.

Kamu bisa mulai dengan memproduksi fashion dalam skala kecil terlebh dahulu. Misalnya mencetak produk yang memerlukan kain kurang lebih 10 meter. Salah satu jasa printing kain digital yang menerima pesanan dalam jumlah kecil yaitu Inoui Print.

Inoui print adalah perusahaan yang bergerak dalam jasa printing kain digital. Menggunakan mesin berteknologi tinggi yang mampu menghasilkan kualitas produk dengan beragam warna hingga 14.000 shade colour.

Selain mesin printer berkualitas yang didatangkan dari luar negeri, bahan-bahan kain yang digunakan terbuat dari serat alami. Ada jenis kain katun, linen dan rayon. Serta, kain print ramah digunakan untuk anak-anak karena menggunakan tinta hypoallergenic.

Buat kamu yang tertarik dapatkan harga dan approval sample di Inoui Print sekarang juga.
Show Comments

Popular Post