Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Sebelum Sewa Gudang, Perhatikan Poin-Poin Penting Ini

Gudang atau warehouse merupakan komponen penting dalam bidang industri maupun perusahaan. Fungsi gudang sebagai tempat untuk menyimpan barang yang bisa beruba bahan baku, hasil produksi, atau in process goods, yang disimpan dalam kurun waktu tertentu. Karena penyimpanan barang yang tidak setiap waktu, sewa gudang menjadi pilihan bagi kebanyakan perusahaan.

Agar Anda tidak salah dalam memilih ketika sewa gudang sebaiknya Anda perhatikan poin-poin yang bisa jadi indikator untuk menentukan warehouse yang tepat. Kelancaran dalam pergudangan akan memberikan kelancaran industri Anda dan pendistribusian barang.

5 Poin yang Perlu Diperhatikan Sebelum Sewa Gudang


5 Poin yang Perlu Diperhatikan Sebelum Sewa Gudang

Jasa gudang maupun warehouse sangat banyak yang menawarkan. Namun, harus hati-hati ketika menyewanya, karena tidak semuanya sesuai dengan kriteria kebutuhan penyimpanan industri Anda. Poin-poin yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Lokasi Gudang yang Strategis


Poin pertama yang perlu Anda perhatikan ketika menyewa warehouse adalah lokasi. Sebaiknya pilih lokasi gudang yang mudah dijangkau terutama transportasi. Bisa dilalui oleh berbagai transportasi seperti kendaraan besar untuk memuat barang banyak. Kalau tidak masuk kendaraan besar akan menyulitkan ketika menyimpan maupun mengirim barang.

Terutama lokasinya bisa menjangkau pelabuhan, bandara, jalan raya, atau jalan tol. Jangan mudah tergiur dengan biaya sewa yang murah namun lokasi sulit dijangkau. Jadinya Anda harus mengeluarkan biaya transportasi yang tidak sedikit. Jika lokasi yang mudah dijangkau Anda akan banyak kemudahan.

2. Mengecek Kondisi dan Luas Gudang


Setelah sudah diketahui lokasi warehouse yang strategis. Sekarang Anda mengecek terlebih dahulu kondisi gudang dan luasnya. Anda bisa mengecek dari bangunanya masih kokoh atau tidak, atap yang tidak bocor, kebersihan gudang, dan luas gudang yang disediakan.

Luas warehouse yang dibutuhkan sesuaikan dengan volume penyimpanan perusahaan Anda. Jangan sampai terlalu kecil yang bisa merepotkan penyimpanan barang. Juga tidak terlalu luas, karena menghamburkan biaya sewa. Biaya sewa gudang salah satunya ditentukan dengan luasnya.

3. Sistem Waktu Sewa yang Ditawarkan


Poin ketiga sewa gudang adalah mengecek sistem waktu penyewaannya. Ada yang menawarkan dalam perminggu, perbulan, hingga per tahun. Jika Anda hanya membutuhkan penyimpanan sementara sebaiknya pilih yang perminggu. Bandingkan juga biaya yang dikeluarkan apakah terlalu mahal atau tidak. Ingat untuk tidak tergiur dengan harga murah.

4. Sistem dan Fasilitas Warehouse


Dalam pergudangan ada sistem yang khusus digunakan untuk penyimpanan barang. Seperti sistem barang masuk dan keluar. Fasilitas yang diberikan apakah hanya menyimpan saja tanpa ada pemeriksaan barang secara berkala. Atau tidak ada informasi stok yang tersisa. Hal-hal seperti ini yang perlu diperhatikan.

Jangan sampai Anda sudah menyewa warehouse tapi masih kewalahan dalam mengurusi. Pilihlah yang memiliki fasilitas pengecekan barang, update jumlah barang yang tersisa, laporan keluar masuk barang, dan lainnya.

5. Kredibilitas Penyedia Sewa Gudang


Untuk mengetahui kredibilitasnya Anda bisa membaca ulasan-ulasan dari perusahaan yang pernah menyewanya. Jasa gudang dan warehouse di Indonesia yang terpercaya yaitu Jasa Gudang Shipper. Jasa warehouse yang bisa untuk pergudangan berbagai macam jenis bisnis.

Shipper gudang memiliki kelebihan antara lain:

  • Sudah berpengalaman dalam dunia logistik pergudangan.
  • Memberikan layanan penyimpanan dan pengemasan yang tersistem.
  • Lokasi warehouse sangat strategis dan berada di berbagai wilayah di Indonesia.
  • Terdapat paket layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Fasilitas warehouse dari penjemputan barang, pengecekan kondisi barang, update real-time stok barang hingga pengiriman barang ke konsumen. Kirim barang ada proses pengemasan, no resi, dan mengirim sesuai dengan order yang masuk.

Jadi Anda tidak perlu repot lagi menangani pemeriksaan stok barang yang tersedia. Anda hanya meminta laporan yang diberikan oleh Shipper tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Jadi Anda bisa fokus menangani penjualan atau operasional perusahan lainnya.

Dengan sewa gudang di Shipper, konsumen Anda atau Anda sendiri bisa memilih ekspedisi yang dibutuhkan. Karena Shipper sudah bekerjasama dengan banyak ekspedisi yang sering digunakan layanannya. Sewa gudang Shipper ada dalam semua poin di atas.

Kualitas layanan warehouse nya sangat bagus dan sudah tersistem. Jika Anda memiliki website bisa diintegrasikan dengan warehouse Shipper. Anda lebih mudah mengecek ketersediaan barang hanya dengan melihat di dashboard shipper.
Show Comments

Popular Post