Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Cara Mendapatkan Kebebasan Finansial di Usia Muda

Semua orang berharap untuk mendapatkan kebebasan finansial, sebab dengan kondisi finansial yang stabil maka hidup seseorang menjadi lebih tenang. Jalan untuk mencapai kebebasan finansial membutuhkan waktu yang lama, apalagi jika Anda tidak memiliki ilmu finansial yang tepat.

Itulah mengapa banyak orang yang baru bisa bernapas lega, bebas dari belitan finansial yang ketat setelah usia mereka sepuh. Ketika usia sudah senja, semangat untuk menikmati hidup pun berkurang dan lebih banyak diam di rumah bersama cucu. Beda halnya jika sejak muda sudah mendapatkan kebebasan itu, maka Anda masih bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan.

Sekalipun mayoritas orang mendapatkan kebebasan itu setelah mereka berusia sangat matang, dengan pengalaman hidup dan ekonomi yang sudah sangat banyak. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan kebebasan finansial di usia muda, sebab Anda bisa memperjuangkannya mulai sekarang. 

Ada beberapa cara untuk mendapatkan kemajuan di kondisi keuangan pribadi Anda, dan hal-hal tersebut bisa Anda mulai dari langkah yang paling sederhana sekalipun.

Cara Mendapatkan Kebebasan Finansial


Cara Mendapatkan Kebebasan Finansial

Apa saja hal yang bisa membuat Anda lebih mudah mencapai kebebasan finansial di usia muda? Simak caranya berikut ini :

1. Tentukan Tujuan Hidup


Anda harus memiliki tujuan hidup yang jelas, layak dan terukur. Jadi saat kamu memiliki mimpi, maka pastikan mimpi tersebut jelas dan bisa Anda raih. Misalnya ketika ingin mendapatkan kebebasan finansial, cobalah untuk mendeskripsikannya dengan jelas sehingga dapatkan solusi yang tepat.

Jika sudah ada tujuannya yang nyata, maka perencanaan yang akan dibuat pun lebih matang lagi. Juga bisa mengukur sendiri sejauh mana Anda akan melangkah untuk sampai ke mimpi tersebut.

Bahkan Anda juga bisa mengevaluasi semua tindakan yang telah diambil, apakah sesuai dengan rencana dan tujuan Anda atau tidak.

2. Merencanakan Anggaran


Sebagian besar masyarakat tidak membuat anggaran keuangan, sehingga tidak tahu kemana saja dana yang dimiliki pergi. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak bisa mengatur keuangan dengan maksimal, dan jika ingin mengatur pengeluaran dengan lebih bijak, pastinya membutuhkan anggaran yang terencana dengan baik.

Susun apa saja prioritas hidup Anda, dan hentikan membeli barang-barang yang tidak perlu, sebab itu sangat boros dan mengacaukan finansial Anda sendiri.

3. Membayar Berbagai Tagihan Sebelum Jatuh Tempo


Jangan salah, menunda-nunda pembayaran tagihan bulanan malah membuat Anda makin rugi. Sebab Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar bunga, belum lagi jika terlanjur sampai ke tanggal jatuh tempo di bulan berikutnya, maka tagihan Anda pun menjadi double.

4. Pakai Auto Debit


Banyak yang belum mengerti mengenai auto debit, yang merupakan fitur yang dimiliki oleh berbagai perbankan dalam negeri. Auto debit itu sendiri adalah pemotongan langsung, dengan sistem transfer berkala antar rekening yang dilakukan secara otomatis.

Nah, untuk Anda yang ingin menabung bisa menggunakan fitur ini. Buatlah dua rekening, yang satu untuk transfer gaji dan satunya lagi untuk menabung. Buatlah rekening pertama auto debit untuk rekening kedua, sehingga Anda akan rutin menabung secara otomatis tiap bulan.

5. Jangan Lalai dengan Kredit


Jika Anda membutuhkan pinjaman dana untuk bisnis, perhatikan credit score Anda. Hal ini pengaruhnya besar sekali, jika credit score Anda baik maka pengajuan pinjaman dana bisa cepat disetujui dan bahkan bisa ditambah dengan suku bunga yang rendah.

Tetapi jika credit score Anda kurang baik, maka lebih sulit untuk mendapatkan kepercayaan pinjaman.

Begitu pula ketika Anda ingin mendapatkan bantuan dana dari P2P lending, Anda harus memiliki credit score yang baik. Lakukan pengecekan secara berkala.

6. Biasakan Hidup Sederhana


Jangan tergoda untuk hidup bermewahan, apalagi hanya untuk sekadar memuaskan nafsu Anda. Hal itu akan mengacaukan finansial Anda, dan malah membuat Anda terjebak di dunia hedonis yang tidak ada ujungnya.

Lebih baik hidup sederhana, keluarkan uang hanya untuk hal yang mendesak dan penting saja. Jauhkah hura-hura dan biasakan sederhana.

Percayalah, hidup sederhana tidak akan membuat Anda terlihat miskin dan memalukan, justru malah membuat nilai Anda lebih tinggi di mata orang lain sebab pandai mengatur keuangan dan menjaga stabilitas mental.

Untuk mencapai kebebasan finansial, jangan berhutang besar-besaran untuk membiayai bisnis. Lebih baik dapatkan pendanaan dari P2P lending, dengan sistem bagi hasil serta cicilan pembayaran yang lebih bersahabat, Anda bisa memulai langkah menuju kebebasan finansial sejak dini.
Show Comments

Popular Post