Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Cara Memilih Mesin Laminating Terbaik

Anda pasti memiliki kekhawatiran terhadap keamanan dokumen penting yang dimiliki, misalnya akte kelahiran, akte tanah, ijazah dan sebagainya. 

Tahukah Anda jika mesin laminating bisa membantu Anda mengamankan dokumen tersebut? Caranya dengan melaminasi dokumen penting tersebut menggunakan lapisan plastik bening tebal.

Plastik yang digunakan adalah plastik khusus mesin laminasi, dan mesin yang digunakan juga ternyata ada banyak jenisnya. Setiap mesin dibedakan sesuai dengan ukuran kertas yang akan dilaminasi, yatu mesin laminasi A3, laminasi A4, mesin laminating roll dan sebagainya.

Rata-rata produk tersebut memiliki spesifikasi masing-masing dan bagi pemula, pasti cukup bingung untuk memilih tipe mana yang paling sesuai. Apalagi merk yang mengeluarkan mesin laminasi cukup banyak, mulai dari Joyco, GBC, Dynamic dan masih banyak lainnya. 

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara memilih mesin laminating yang paling cocok untuk Anda. Simak artikelnya sampai selesai.

Cara Memilih Mesin Laminasi


Cara Memilih Mesin Laminasi

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin memilih mesin laminating sendiri, silahkan disimak :

1. Pilih Mesin dengan Ukuran yang Sesuai


Umumnya mesin ini hanya akan melapisi tiga jenis ukuran kertas saja, yakni mulai dari ukuran kartu, A3 sampa dengan A4. Anda bisa saja secara spesifik memilih mesin dengan ukuran kertas yang akan dilaminasi, tetapi jauh lebih bagus jika memilh mesin yang bisa melaminasi ukuran besar. 

Mengapa? Sebab semakin besar mesin laminatingnya, maka semakin praktis dan hemat juga. Karena Anda juga bisa sekaligus melaminasi dokumen yang ukurannya lebih kecil.

2. Sesuaikan Ketebalan Laminating Film


Anda juga hrus tahu seberapa tebal plastik laminasi yang dibutuhkan oleh mesin laminasi. Sebab beda mesin, beda pula ketebalan plastik yang bisa dilaminasi. Contohnya plastik laminating ketebalan 100 mikron untuk laminasi standar dan umum digunakan.

Plastik laminasi ketebalan 150 mikron yang lebih tebal dan kuat untuk buku menu dan sejenisnya. Serta ketebalan 250 mikron atau 350 mikron yang biasa digunakan di perusahaan percetakan besar.

3. Perhatikan Tipe Roller


Jika ingin mendapatkan hasil laminasi yang paling maksimal, harus tahu jika hal itu dipengaruhi oleh berapa banyak roller yang ada dalam mesin tersebut. 

Tipe roller dikategorikan berdasarkan jumlah rollernya yaitu dua roller untuk dokumen rumahan, empat roller yang fleksibel untuk berbagai ukuran dokumen, dan enam roller yang lebih kuat ideal untuk percetakan.

4. Pilih Mesin dengan Fitur Lengkap


Jangna hanya terpaku pada fitur laminatngnya saja, sebab fitur lainnya juga tidak boleh Anda anggap sepele. Contohnya fitur pengatur suhu yang bisa membantu dalam menyesuaikan suhu mesin, berapa lama waktu pemanasan mesin dan sebagainya.

Hal ini bisa menjadi sangat vital dan menentukan seberapa lama mesin terebut akan bertahan digunakan.

5. Mudah untuk Diperbaiki


Mesin laminasi bisa cepat rusak karena adanya paper jam, dan ini memang menjadi masalah yang paling umum terjadi saat proses melaminating. 

Biasanya saat terjadi kemacetan kertas, maka operator akan menarik kertas dengan paksa, sementara itu bisa merusak bagian dalam mesinnya. Maka karena itu, pilih mesin dengan fitur tambahan jam release button, atau tombol darurat. 

Sehingga saat terjadi kertas yang macet, Anda bisa mengeluarkan kertas tanpa perlu merusak mesin, maupun dokumen Anda sendiri.

Setelah mengetahui cara memilih mesin lamnasi seperti di atas, Anda pasti sudah siap untuk membeli mesin Anda sendiri. Tetapi pastikan Anda memilih supplier yang terpercaya dan bisa diandalkan, supaya mesin yang dibeli tidak mengecewakan hati dan bisa awet saat dipakai.

Temukan mesin laminating terbaik di Maxipro. Maxipro adalah tempat di mana Anda bisa menemukan semua jenis mesin percetakan, lengkap dengan sparepartnya. 

Mulai dari mesin laminating, mesin cutting, sparepart mesin, bahan baku mesin-mesin, sampai dengan aneka macam mesin yang dibutuhkan di dunia percetakan.

Dapatkan jaminan garansi servis mesin selama 1 tahun, pelayanan customer service yang memuaskan dan siap siaga, sparepart lengkap untuk semua jenis mesin yang ada serta ada garansi uang kembal dengan syarat dan ketentuan khusus. Segera temukan mesin laminating terbaik impian Anda di sini, sekarang juga!
Show Comments

Popular Post