Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

6 Pilihan Wire Rope untuk Kebutuhan Industri Anda

Apakah Anda pernah melihat proses pengangkatan kontainer di pelabuhan? Apakah Anda pernah bertanya-tanya, tali macam apa yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkannya? Tentu saja bukan tambang biasa, melainkan wire rope.

Wire rope memiliki ketahanan dan kemampuan yang luar biasa, sehingga cocok sekali digunakan untuk industri kargo, perkapalan dan industri lain yang membutuhkan tambang yang bisa diandalkan.

Ada banyak sekali jenis dari tambang kawat ini, namun bagi orang awam tentu sedikit kebingungan untuk menemukan yang paling sesuai dengan yang dibutuhkan.

Macam-Macam Tambang Kawat


Pilihan Wire Rope untuk Kebutuhan Industri Anda

Berikut adalah beberapa pilihan tambang kawat yang bisa Anda temukan di tempat jual wire rope sling, silahkan simak:

1. Wire Rope 6x37 + IWRC


Untuk jenis wire rope yang satu ini, adalah tali kawat yang terbuat dari bahan standar galvanis. Cara menggunakannya dengan menariknya bersama kabel yag lainnya.

Jenis kabel ini umumnya dipakai untuk aktivitas pengangkatan, penarik, penahan, pindah muatan, penambatan, dan masih banyak lainnya. Jenis kabel yang satu ini juga cocok sekali dalam proses pembuatan sling tali kawat baja.

Dalam setiap strand-nya, terdapat 37 kawat yang dililit ke sebuah core atau inti. Karena itulah jenis wire rope ini mempunyai keseimbangan yang baik sekali, terdiri dari ketahanan aus, ketahanan abrasi dan ketahanan lelah yang seimbang.

2. Wire Rope 6x36 + IWRC


Untuk kabel yang satu ini ada yang dibuat dengan lapisan galvanis atau dengan lapisan zinc, serta dilengkapi dengan lapisan ungalvanis. 

Kekurangan dari wire rope tanpa lapisan galvanis adalah mudah berkarat. Hanya saja memang yang tanpa lapisan galvani harganya jauh lebih murah, dan tempat yang jual wire rope sling biasanya lebih suka menjual yang harganya murah karena cepat lakunya.

Untuk konstruksi dari wire rope 6×36 IWRC ini terdiri dari sebuah inti yang dikelilingi oleh 6 strand dan dikenal juga sebagai full baja. Sebagai informasi, dalam setiap strand isinya adalah 36 wire yang kokoh.

3. Wire Rope 6x12 + 7FC


Tali kawat yang memiliki bahan standar galvanis yang dilengkapi inti serat fiber. Konstruksinya terdiri dari 6 buah strand dengan setiap strand terbuat dari 12 wire, dan semuanya mengelilingi satu inti. 

Memiliki fleksibilitas yang baik, dan bisa tahan bengkokan dengan baik sehingga cocok untuk menarik beban (seperti pada crane).

4. Wire Rope 7x19 Stainless Steel


Merupakan wire rope yang paling umum digunakan dalam berbagai akivitas. Dibandingkan dengan yang lain, jenis wire rope yang satu ini juga lebih fleksibel.

Sehingga jika Anda membutuhkan tali kawat yang mampi menghandle kegiatan dengan fleksibilitas tinggi, maka sangat direkomendasikan menggunakan tali ini. Cocok sekali digunakan di lapangan, industri kelautan, dan juga di industri teknik yang umum.

Diameter yang tersedia mulai dari 3 mm, sampai dengan 54 milimeter. Kabelnya juga ada yang mempunyai kumparan khusus, juga ada yang mempunyai kumparan massal 5000 kaki.

5. Wire Rope 6x19 + IWRC


Karakteristik dari tali kawat yang satu ini adalah mampu menahan beban dengan berat yang luar biasa, serta bisa Anda andalkan dalam berbagai macam aktivitas. Merupakan inti kawat yang independen dan populer sekali di tengah masyarakat sebab memiliki ketahanan yang hebat. 

Kawat ini tahan abrasi dan aus, sehingga diaplikasikan untuk tali bor, sling tali kawat, tali derek, pembungkus pukat dan masih banyak lagi.

6. Wire Rope 19x7 + IWRC Non Rotating


Jika Anda butuh wire rope yang bisa mengangkat beban dengan satu bagian garis dan bebannya tidak terarah, sangat direkomendasikan menggunakan kabel ini. Jadi tidak dipakai untuk diputar dan lebih unggul karena ketahanan rotasinya yang begitu baik.

Dalam satu inti ada 6 helai satu arah, lalu ada 12 helai lainnya ke arah berlawanan di sekitar set helai pertamanya.

Bagi Anda yang sedang mencari wire rope berkualitas, maka tinggal temukan wire rope berkualitas disini! Megajaya menyediakan semua kebutuhan alat berat Anda. Berpengalaman di bidangnya, dan berikan pelayanan terbaik untuk para pelanggannya.
Show Comments

Popular Post