Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Budaya Orang Indonesia Ketika Hamil Anak Pertama

Bagi ibu yang sedang hamil anak pertama selain merasa bahagia juga rasa was-was untuk merawat bayi yang ada dalam kandungannya. Berhati-hati dalam melakukan gerak gerik, makanan yang masuk, dan banyak kehati-hatian lainnya.

Untuk itu Anda bisa mengurangi rasa was-was dengan membaca hal-hal yang dilakukan oleh ibu hamil anak pertama. Apalagi setelah lebih empat bulan ingin USG bayi, seperti biaya USG 2D berbeda dengan USG biasa.

7 Hal yang Biasa Dilakukan Ketika Hamil Anak Pertama


7 Hal yang Biasa Dilakukan Ketika Hamil Anak Pertama

Setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda-beda. Sama dengan hal di bawah ini, bisa Anda jalankan atau pun tidak. Hasilnya setiap ibu hamil melakukan hal kehamilan tidak sama juga. Ada yang cocok dan tidak, sehingga kebiasaan di bawah ini tidaklah wajib semua dilakukan. Namun, bisa menjadi acuan dan bahan pertanyaan kepada dokter kandungan yang Anda percaya.

1. Siapkan Dana Masa Hamil


Jika kehamilannya tidak terencana segeralah untuk menyiapkan dana kehamilan. Jika sudah terencana dari awal itu lebih baik. Dana kehamilan ini untuk cek kesehatan ibu dan kandungan, vitamin, makanan khusus ibu hamil, biaya USG 2D, dan lainnya.

2. Konsumsi Vitamin Khusus Hamil


Ketika hamil, tubuh perempuan mengalami banyak perubahan, agar tidak mempengaruhi kesehatan janin dan ibu perlu menambah asupan vitamin. Selain kesehatan ibu, perkembangan janin juga perlu dijaga. Dengan memberikan vitamin B, vit D, asam folat, dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga janin terhindar dari penyakit maupun cacat.

3. Memilih Klinik/Rumah Sakit & Bidan/Dokter


Memilih antara dokter kandungan atau bidan segera tentukan. Hal ini berkaitan dengan cek kesehatan, konsultasi, dan ketika nanti melahirkan. Jika Anda dekat dengan Klinik Kehamilan Sehat yang memberikan layanan berkualitas dan mendukung kelahiran normal.

4. Jadwalkan Konsultasi Kandungan


Setelah menemukan klinik yang cocok, jadwalkan cek kandungan minimal satu kali sampai kehamilan minggu kedelapan. Yang dikonsultasikan kepada bidan/dokter sebagai berikut:

  • Riwayat kesehatan dan pola hidup Anda.
  • informasi tentang perawatan diri ketika hamil.
  • Tentang makanan yang harus dimakan dan tidak boleh dimakan.
  • Cek tensi darah.
  • Tinggi dan berat badan.
  • Cek kesehatan fisik secara lengkap.
  • Memprediksi kapan HPL/Hari perkiraan lahir

Jika memiliki obat perawatan sebelum hamil, Anda bisa tanyakan dianjurkan atau tidak. Bertanya tentang bolehkah menggunakan skincare dan lainnya.

5. Olahraga & Istirahat yang Cukup


Di masa kehamilan trimester pertama biasanya tubuh perempuan mengalami kekagetan ada janin yang tumbuh di rahimnya. Perbanyak istirahat di masa ini agar ibu dan kandungan tetap aman. Masa-masa ini rentan dengan kecapean, angkat beban, banyak pikiran, dan sebagainya.

Setelah melewati trimester pertama, dianjurkan untuk olahraga khusus ibu hamil. Apalagi menjelang bulan HPL, agar otot tubuh tidak kaku untuk proses kelahiran.

6. Jaga Pola Makan Ibu Hamil


Biasanya untuk ibu yang sedang hamil baik yang anak pertama maupun kehamilan selanjutnya menjaga pola makan sangat disarankan. Karena ini menyangkut nutrisi yang diserap oleh janin. Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh si ibu, maka janin pun ikut menyerap. Untuk itu kurangi makanan junk food, banyak MSG, perbanyak makan buah dan sayur, multivitamin, cukup air dan lainnya.

7. Melakukan USG 2D


Ada beberapa jenis USG yang diperuntukan ibu hamil, USG biasa, USG 2D, hingga USG 4D. Setiap USG terdapat kelebihan masing-masing untuk hasil pemeriksaannya. Untuk menentukan kapan dan berapa kali USG selama hamil bisa tanyakan kepada bidan/dokter kandungan ketika konsultasi.

USG 2D memiliki kelebihan bisa memperlihatkan bentuk janin lebih lengkap daripada USG biasa, namun dibawah USG 4D. Biaya USG 2D lebih murah dari USG 4D, bisa Anda tanyakan di Klinik Kehamilan Sehat untuk biaya dan melakukan pemeriksaan USG.

Semua hal di atas tidak akan berjalan dengan baik jika tanpa adanya dukungan dari suami dan keluarga. Kenyamanan dan rasa bahagia pada ibu hamil sangat penting. Selain perubahan fisik juga terdapat perubahan yang tidak menentu terhadap emosi ibu. Maka dari itu pasangan harus bisa menerima dan memahami perubahan yang terjadi pada istrinya. Juga selalu sigap jika terjadi apapun.

Kandungan anak pertama sering kali membuat pasangan ingin sering melihat jenis kehamilan dan pergerakan janinnya. Untuk kedua hal ini Anda bisa melakukan USG 2D di Klinik Kehamilan Sehat. Anda bisa tanyakan berapa biaya USG 2D dan berapa kali boleh melakukannya. Untuk harga USG 2D bisa langsung chat kontak Klinik Kehamilan Sehat.
Show Comments

Popular Post