Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

5 Cara Meningkatkan Wisatawan ke Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali potensi wisata alam yang sangat menarik, berbarengan dengan hal itu banyak pula kebudayaan dan daya tarik wisata lainnya yang bisa memuaskan para traveller. 

Hanya saja yang disayangkan adalah tidak ada perhatian dari pemerintah dan pihak yang bersangkutan untuk meningkatkan promosinya.

Bukan hanya wisatawan dalam negeri, Indonesia sangat berpotensi untuk menjadi tujuan wisata yang dituju oleh para wisatawan dari luar negeri. 

Hanya saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, misalnya memberikan pendampingan untuk para warga lokal supaya bisa mengelola tempat wisata menjadi lebih menarik dan pelajaran bahasa asing supaya bisa berkomunikasi dengan wisatawan luar dengan lebih lancar.

Cara Tingkatkan Wisatawan Dari Dalam dan Luar Negeri


5 Cara Meningkatkan Wisatawan ke Indonesia

Ada banyak hal yang harus Indonesia lakukan jika ingin mengundang lebih banyak lagi wisatawan, apalagi jika mengharapkan kemajuan ekonomi masyarakat melalui kemajuan tempat wisata.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan, khususnya untuk yang ingin meningkatkan wisatawan ke Indonesia.

1. Meningkatkan Promosi Wisata dengan Gencar


Semua orang tahu jika Indonesia memiliki keindahan alam yang begitu banyak ragamnya. Bukan sebuah hal yang aneh ketika banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang berbondong-bondong datang ke negara ini.

Tujuannya untuk menikmati eloknya alam yang ada di Indonesia, yang tidak mereka temukan di tempat asal mereka sendiri.

Sayangnya, sedikit sekali wisatawan yang tahu mengenai destinasi menarik di Indonesia. Hal itu terjadi karena kurangnya promosi dari pemerintah.

Maka karena itu, tingkatkan promosi destinasi wisata lewat media sosial, dengan teknik kekinian bisa menjadi salah satu cara yang paling baik untuk mempromosika wisata Indonesia.

2. Membuat Iklan Pariwisata dengan Basis Digital Terkini


Poin kedua ini berhubungan dengan poin pertama yang telah disebutkan, dan perlu diketahui jika Indonesia memilki sebuah situs khusus untuk pariwisata dalam negeri, yaitu Wonderful Indonesia dan yang menanganinya adalah Kementerian Pariwisata Indonesia. 

Dengan adanya situs ini sudah cukup banyak mempromosikan Indonesia ke negara lain, namun untuk saat ini masih belum cukup.

Indonesia masih butuh iklan digital yang lebih terkini dan caranya dengan mengupdate semua tempat wisata yang baru secara berkala. 

Tampilkan foto terbaik, lengkap dengan catatan yang lengkap mengenai kelebihan dari tempat tersebut. Para wisatawan yang penasaran pun akan berdatangan ke lokasi untuk melihatnya secara langsung.

3. Memberikan Fasilitas Pariwisata yang Cukup


Seperti yang kita ketahui, jika salah satu hal yang membuat wisata Indonesia jalan di tempat adalah karena sarana dan prasarananya yang kurang memadai.

Memang pemerintah sudah berusaha memperbaikinya sedikit demi sedikit, namun masih banyak tempat wisata terbaik yang belum mendapatkan sentuhan tersebut sama sekali.

Bukan hanya fasilitas umum dalam tempat wisata itu sendiri, namun akomodasi untuk para wisatawan pun juga wajib menjadi perhatian.

Contohnya saja seperti transportasi yang membawa wisatawan menuju ke tempat tersebut, dipermudah dan diperbanyak pilihannya. Selain itu, tempat menginap, restoran, dan berbagai akomodasi lainnya pun baiknya dilengkapi.

4. Berdayakan Masyarakat Lokal


Jangan lupakan masyarakat lokal, sebab mereka yang paling mengenal tempat tersebut dan bisa dilibatkan untuk membangun, juga memelihara semua sarana prasarana di tempat wisata itu sendiri. 

Bahkan mereka bisa memberikan informasi lengkap dan jelas mengenai asal muasal tempat wisata, bisa juga mengajarkan para wisatawan kearifan lokal yang ada di sana.

5. Menyiapkan Open Trip Murah


Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemajuan wisata Indonesia, adalah dengan membuat open trip yang murah meriah. Siapkan tujuan dan cantumkan harganya dengan jelas, sehingga wisatawan lebih mudah untuk berkunjung ke negara Indonesia dan menyesuaikan bujet yang mereka miliki. Apalagi jika misalnya dalam paket tersebut disertakan juga dengan transportasi, penginapan, restoran dan sebagainya yang wisatawan butuhkan.

Untuk membuat semua promosi tersebut makin banyak menjangkau calon wisatawan potensial, dibutuhkan pakar SEO yang bisa membantu mengangkat iklan digital pariwisata sehingga muncul di pencarian pengguna internet.

Untuk wisata lokal, bisa memanfaatkan www.datamaya.com/services/jasa-seo/ untuk mengenalkan lebih banyak tempat wisata baru di Indonesia pada dunia.
Show Comments

Popular Post