Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Begini Cara Membedakan Jam Tangan yang Asli Dengan yang Palsu

Untuk para pecinta jam tangan berkelas internasional seperti Condotti, Rolex, G-Shock, dan lain sebagainya, tentu saja kehadiran jam tangan palsu merupakan kabar buruk bagi kita. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat produk jam tangan KW dengan yang asli cukup sulit dibedakan.

Terlebih di onlineshop, yang mana penyebaran merk-merk jam tangan palsu tersebut semakin mengkhawtirkan. Lantas, bagaimanakah cara membedakan antara jam tangan yang asli dengan yang palsu?

Begini Cara Membedakan Jam Tangan yang Asli Dengan yang Palsu

Nah, berikut di bawah ini ada beberapa trik simple yang cukup ampuh untuk membedakan mana jam tangan yang asli dengan yang palsu.

1. Perhatikan Detikan Jarum Jam


Hal ini adalah indicator terbesar dalam membedakan antara jam tangan yang ori dengan KW. Perlu kalian ketahui, jam tangan yang asli itu pasti mempunyai ratusan komponen kecil yang dengan sempurna di bentuk menjadi bagian jam, yang mampu bergerak dengn halus.

Dengan kata lain, bunyi detikan jarum pada jam tangan asli itu nyaris tidak terdengar. Sangat berbeda dengan jam tangan palsu, yang mana detikan jarumnya bisa terdengar dengan jelas.

2. Detail Kecil


Selain dari detikan jarumnya, jam tangan asli yang berkualitas tinggi juga selalu mempunyai standar kualitas yang sbegitu ketat. Pada intinya, kesalahan sekecil apapun yang ada di jam tangan tersebut tidak akan bisa dijual kepasaran.

Dengan begitu, maka kamu akan lebih mudah lagi dalam membandingkan jam tangan original dengan yang palsu. Adapun mengenai contoh-contoh kesalahannya, mulai dari kesalahan tulisan, sedikit goresan, penempatan logo yang tidak rata, dan lain sebagainya.

3. Bobot Jam Tangan


Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa jam tangan original selalu di rancang oleh designer berkualitas dengan mengusung komponen ratusan kecil secara sempurna di bentuk menjadi sebuah jam tangan bernilai tinggi.

Itu artinya, produk jam tangan yang asli itu selalu mempunyai bobot yang berat dan cukup besar. Coba kamu bandingkan dengan jam tangan palsu, yang mana bobotnya itu terasa lebih ringan lho.

4. Nomor Serial


Dalam hal ini, kamu harus memastikan bahwa nomor serial jam tangan yang dibeli sesuai dengan nomor serial dari produsen resmi jam tangan tersebut. Disamping itu, pastikan pula nomor serial pada bagian strap atau gelangnya cocok dengan nomor serial yang ada di kotak (box) jam tangannya.

Biasanya ada beberapa merk jam tangan original yang menempatkan nomor serial, yang tertempel pada stiker di area belakang jam tangannya. Apabila kamu mendapati merk jam tangan tanpa disertai box dan nomor serial, maka produk tersebut adalah jam tangan palsu.

5. Lakukan Riset


Kamu dapat memastikan jam tangan yang hendak dibeli dengan melakukan riset di situs-situs resminya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui beragam detail jam tersebut mulai dari penampatan logo, material, case, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui semua detailnya, tentu saja kamu bisa dengan mudahnya mengetahui mana jam tangan yang ori dan mana yang palsu.

6. Penawaran Harga


Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa setiap produk-produk imitasi selalu dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah. Begitupun dengan produk jam tangan imitasi. Maka dari itu, kamu jangan sampai mudah tergoda oleh penawaran harga miring dari sebuah merk jam tangan ternama yang palsu.

Nah, itulah beberapa tips dalam membedakan jam tangan asli dengan yang palsu.

Show Comments

Popular Post