Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

5 Tips Mengelola Keuangan di Usia 30 Tahun

PesonaBudaya.com - Usia 30-an bisa menjadi saat-saat terbaik dalam hidup seseorang. Tentu, jenjang karier dan penghasilan sudah mulai meningkat. Namun, tanggung jawab finansial pun semakin besar terutama bila Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak. Agar kondisi keuangan Anda bisa tetap stabil, berikut tips untuk mengelolanya.

5 Tips Mengelola Keuangan di Usia 30 Tahun

1. Tingkatkan Pos Dana Darurat


Pos dana darurat sangat penting untuk menanggulangi biaya dari bila sewaktu-waktu terjadi kejadian-kejadian yang tak diinginkan. Dengan kehadiran dana darurat, Anda bisa menghindari penggunaan pos dana kebutuhan sehari-hari. Seiring bertambahnya tanggung jawab di usia 30-an, saldo dana darurat pun perlu ditingkatkan.

2. Lebih Giat Berinvestasi


Semakin bertambahnya umur, maka jangka waktu Anda untuk bekerja pun kian berkurang. Karena itu, maksimalkan investasi sebelum memasuki masa pensiun. Bila selama ini Anda hanya berinvestasi kepada instrumen investasi yang berisiko tinggi seperti deposito atau properti, Anda bisa mempertimbangkan untuk investasi reksa dana atau sama. Usahakan untuk menyisihkan dana investasi minimal 15% dari penghasilan per bulan.

3. Lunasi Utang


Berutang adalah hal yang wajar demi memenuhi kebutuhan tertentu. Namun selalu sisihkan pendapatan Anda untuk melunasinya secara perlahan-lahan. Meskipun ada dalam jumlah kecil, bila dibiarkan terus menerus akan menumpuk. Terlebih bila Anda meminjam uang dengan nilai bunga yang tinggi.

4. Atur Kembali Rencana Keuangan


Mungkin Anda telah membuat rencana keuangan sejak berusia 20 tahun. Namun situasi keuangan saat memasuki usia tiga puluhan akan jauh berbeda. Beberapa hal perlu disesuaikan dengan perubahan hidup seperti memulai bisnis baru, menikah, sekolah lanjut bahkan memiliki anak.

Pastikan pengeluaran Anda tetap terkendali. Meskipun pada usia 30-an tahun Anda menghasilkan lebih banyak uang, jangan terjebak dan berbelanja lebih banyak. Bila sudah berkeluarga, diskusikan dengan pasangan Anda apa yang menjadi prioritas keuangan dalam beberapa tahun ke depan.

5. Mengasuransikan Diri


Tidak ada orang yang menginginkan skenario terburuk dalam hidupnya, namun memilih untuk mengasuransikan diri adalah pilihan bijak. Selain asuransi kesehatan, pastikan Anda juga memiliki asuransi jiwa terutama bila memiliki keluarga yang bergantung pada penghasilan Anda. Selain itu, pikirkan juga untuk membuat surat wasiat terutama bila nilai aset dan tabungan Anda semakin meningkat.

Usia 30-an merupakan waktu yang tepat untuk mengatur keuangan Anda menjadi lebih baik. Anda bisa meminimalkan pengeluaran tiap bulannya dan berfokus pada investasi bila membeli beberapa produk secara cicil.

Salah satu fasilitas yang bisa dimanfaatkan adalah Traveloka PayLater. Fitur keuangan baru dari Traveloka ini memungkinkan penggunanya membeli layanan Traveloka dengan sistem cicilan. Cara menggunakan Traveloka PayLater ini pun mudah karena semua transaksi bisa diatur melalui aplikasi. 

Karena telah didukung oleh USP, PayLater dan PayLaterCard membuat pengaturan keuangan Anda menjadi lebih mudah. #JujurGunaBanget ya! Segera gunakan Traveloka PayLater demi kondisi finansial yang lebih terencana.
Show Comments

Popular Post