Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Objek Wisata Yang Menarik di Kota Solo

Pesonabudaya.com - Surakarta atau sebagian orang lebih mengenalnya sebagai Solo merupakan sebuah wilayah yang berbentuk kota di Propinsi Jawa Tengah. Kota ini juga merupakan kota otonom serta kota yang berada di urutan ketiga terbesar di Pulau Jawa bagian selatan setelah Kota Bandung dan Kota Malang. 

Kota Solo sendiri meliputi wilayah yang cukup luas yakni kurang lebih 44 km² yang terbagi menjadi 5 kecamatan dan menjadi tempat tinggal bagi sekitar 570 ribu jiwa penduduknya.

Secara geografis, Solo berbatan langsung dengan Kabupaten Boyolali dan Karanganyar di sebelah utara, Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar di sebelah timur dan barat, serta Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan. 

Topografi yang dimiliki Solo juga cukup bervariasi yang membuatnya memiliki keindahan alam yang mempesona, selain itu kebudayaan Jawa yang msih kental juga menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan dari berbagai daerah untuk mengunjungi Kota Solo, berikut ini akan kami ulas beberapa objek wisata yang menarik di Kota Solo.

Objek Wisata Yang Menarik di Kota Solo

Grojogan Selondo


Grojogan Selondo

Salah satu objek wisata yang bisa Anda kunjungi di Solo adalah Grojogan Selondo yang lokasinya berada di Desa Bakalan Kecamatan Purwantoro yang terletak tidak jauh dari jembatan ini biasa dilalui oleh masyarakat setempat untuk beraktivits sehari – hari, namun tenyata tidak jauh dari jembatan ini Anda bisa menemukan suatu keindahan alam berupa air terjun yang disebut sebagai Grojogan Selondo.

Bukit Gancik


Bukit Gancik

Objek wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi di Solo adalah Bukit Gancik yang merupakan sebuah wisata alam berupa bukit yang memiliki ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata alam ini berada di kaki Gunung Merbabu yang mana dari sini Anda akan bisa menikmati panorama alam Gunung Merapi dan juga perkebunan milik warga sambil menghirup sejuknya udara pegunungan.

Bukit Cumbri


Bukit Cumbri

Objek wisata alam ketiga yang juga bisa Anda kunjungi di Solo adalah Bukit Cumbri. Bukit ini memiliki ketinggian 638 meter di atas permukaan laut, dari bukit ini Anda akan bisa menikmati keindahan alam Wonogiri dari ketinggian, namun untuk bisa mencapai Bukit Cumbri ini maka Anda harus berpetualang dahulu dengan melakukan trekking melalui jalur yang cukup menantang selama kurang lebih satu jam.

Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso


Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso

Taman Hutan Rakyat atau yang biasa disingkat menjadi Tahura Ngargoyoso merupakan suatu hutan yang letaknya tidak jauh dari Kota Solo di mana di tempat ini Anda akan bisa menikmati panorama alam berupa hutan pinus dengan udaranya yang sejuk dan alamnya yang masih sangat asri, selain itu Tahura Ngargoyoso juga menyajikan ketenangan yang akan membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi rileks.

Umbul Ponggok


Umbul Ponggok

Tempat wisata selanjutnya yang berada di sekitar Solo adalah Umbul Ponggok yang merupakan danau atau kolam buatan yang memiliki air yang sangat jernih, uniknya di tempat ini selain Anda bisa menikmati kesegaran airnya, Anda juga bisa menyelam dan menemukan berbagai benda yang tidak umum ditemukan di bawah air di antaranya adalah sepeda, vespa, meja lengkap dengan laptopnya, dan benda lainnya.

Bagi Anda yang memiliki rencana liburan di Kota Solo maka Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata menarik yang diulas pada artikel di atas.
Show Comments

Popular Post