Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

5 Hal Ini Sebelum Memilih Sekolah Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Pesonabudaya.com - Pendidikan tentu menjadi fokus utama para orang tua. Untuk itu, proses memilih sekolah anak tak bisa disepelekan. Pasalnya, salah memilih sekolah bisa memberi dampak yang fatal bagi perkembangan si kecil.

Lalu, apa saja yang perlu diketahui saat memilih sekolah anak. Jika tak ingin salah memilih, mari simak penjelasan selengkapnya berikut.

5 Hal Ini Sebelum Memilih Sekolah Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Pahami kebutuhan anak


Hal utama yang perlu Anda lakukan sebelum menentukan sekolah adalah memahami lebih dahulu kebutuhan anak. Kebutuhan di sini dapat dilihat dari usia dan minat si kecil.

Selain memilih sekolah sesuai usia, Anda pun perlu memastikan institusi pendidikan yang dipilih sesuai dengan minat anak. Saat ini, ragam metode pendidikan pun bisa dengan mudah Anda temui. Jadi, cobalah untuk lebih dahulu memahami kebutuhan anak.

Untuk usia yang lebih matang, tak ada salahnya untuk turut mengajak diskusi si kecil. Dengan begitu, anak bisa mengutarakan keinginannya dalam mengenyam pendidikan.

Memiliki lokasi terjangkau dengan tempat tinggal


Pada usia sekolah, energi anak tentu dibutuhkan agar proses belajar optimal. Agar tak banyak menguras energinya, sebaiknya buatlah daftar pilihan sekolah yang punya lokasi dekat tempat tinggal.

Selain mengurangi durasi perjalanan, anak pun akan memiliki waktu lebih lama untuk beristirahat dan berinteraksi dengan keluarga di rumah. Faktor ini berlaku untuk semua jenjang sekolah, terutama usia dini.

Sesuaikan kemampuan biaya


Selanjutnya, hal yang tak kalah penting adalah biaya. Saat ini institusi pendidikan semakin beragam, salah satunya dibedakan oleh biaya sekolah. Meski begitu, nominal biaya sekolah bukan merupakan ukuran pasti kualitas sebuah tempat belajar.

Oleh karena itu, Anda perlu lebih dahulu menentukan biaya yang sesuai saat memilih sekolah anak. Biasanya, beberapa sekolah juga memiliki rancangan biaya yang perlu dikeluarkan selama mengenyam pendidikan. Selain biaya pokok, pastikan pula Anda menghitung biaya tambahan seperti ongkos buku, les, hingga kegiatan hiburan lainnya.

Melakukan percobaan belajar


Setelah memiliki beberapa kandidat sekolah, Anda bisa lebih dahulu melakukan percobaan belajar. Maksudnya adalah Anda dan si kecil turut mengikuti salah satu kelas di sekolah tujuan. Selain dapat melihat respon anak, Anda pun bisa melihat seperti apa interaksi guru dan murid dalam proses belajar.

Biasanya dalam kegiatan sit in atau percobaan belajar, Anda bisa langsung memutuskan apakah sekolah tersebut cocok dengan karakter anak. Sebaiknya, pilihlah sekolah yang memiliki tenaga pengajar berkompeten dalam sisi akademis maupun sosial. Dengan begitu, proses belajar si kecil pun tak akan monoton dan tentunya berkualitas.

Punya proyeksi masa depan anak


Hal yang tak kalah penting dalam memilih sekolah adalah menyesuaikannya dengan proyeksi masa depan anak. Saat menentukan sekolah, pastikan Anda mengetahui proyeksi masa depan si kecil agar setiap jenjangnya dapat bermanfaat.

Sebagai contoh, jika Anda menginginkan anak agar kelak berkuliah di luar negeri tak ada salahnya memilih sekolah internasional sejak dini. Selain untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing, memulai pendidikan dengan sekolah internasional pun dapat memperkenalkan si kecil pada metode pembelajaran internasional.

Setidaknya, kelima hal inilah yang perlu menjadi pertimbangan sebelum memilih sekolah anak. Jika Anda tertarik, Sampoerna Academy bisa menjadi salah satu rekomendasi sekolah internasional.

Sekolah internasional ini telah memiliki beberapa cabang di beberapa kota, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, BSD, dan Sentul. Jadi, Anda bisa memiliki lokasi yang terdekat dengan tempat tinggal. Masing-masing cabang pun mengadakan program Open House, di mana Anda bisa melihat langsung metode pembelajaran yang digunakan Sampoerna Academy.

Kalau begitu, semoga berhasil menemukan sekolah terbaik untuk si kecil ya!
Show Comments

Popular Post