Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Wisata Kuliner Khas Balikpapan, Kalimantan Timur

PesonaBudaya.com - Balikpapan merupakan kota yang terbesar di Propinsi Kalimantan Timur. Kota yang juga sering disebut sebagai Kota Minyak atau Banua Patra ini menjadi daya tarik bagi masyarakat di Kalimantan Timur untuk datang ke kota ini baik untuk sekedar berwisata ataupun untuk mengadu nasib sehingga membuat jumlah penduduk yang tinggal di Balikpapan mencapai 22 persen dari seluruh penduduk yang ada di Kalimantan Timur.

Kota yang juga terkenal akan fauna beruang madunya ini juga memiliki banyak pesona alam yang sangat indah sehingga sangat layak untuk Anda jadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga pada saat liburan. 

Ada berbagai objek wisata yang bisa Anda kunjungi di Balikpapan mulai dari wisata alam hingga wisata keluarga, namun selain itu Balikpapan juga dikenal sebagai tujuan wisata kuliner yang mana di kota ini Anda akan bisa menikmati berbagai sajian khas dari Kota Balikpapan, jika Anda penasaran berikut ulas selengkapnya.

5 Wisata Kuliner Khas Balikpapan, Kalimantan Timur

Wisata Kuliner Khas Balikpapan, Kalimantan Timur

Dandito

Salah satu tempat yang bisa Anda tuju untuk berwisata kuliner di Kota Balikpapan adalah sebuah restoran yang bernama Dandito yang mana di restoran ini maka Anda akan bisa menikmati berbagai sajian khas Balikpapan berupa berbagai sajian berbahan baku kepiting yang sangat lezat, rumah makan Dandito ini beralamat di Jalan Marsma Iswahyudi Nomor 71, Sungai Nangka, Balikpapan.

Kepiting Kenari

Kota Balikpapan memang dikenal akan olahan kepitingnya, salah satu tempat yang bisa Anda tuju untuk bisa menikmati hidangan ini adalah Kepiting Kenari yang mana sesuai dengan namanya, di rumah makan ini maka Anda akan bisa puas menikmati berbagai olahan kepiting khas dari Kota Balikpapan yang sangat lezat, lokasi dari rumah makan Kepiting Kenari ini juga masih berdekatan dengan Dandito.

Ocean’s

Tempat berikutnya yang juga bisa Anda kunjungi untuk berwisata kuliner menikmati berbagai hidangan khas dari Kota Minyak ini adalah Ocean’s, dari namanya saja maka Anda pasti bisa menebak bahwa tempat makan ini menyajikan berbagai macam hidangan seafood yang tentunya akan mampu menggoyang lidah Anda, selain itu di restoran ini Anda juga bisa makan sambil menikmati panorama pantai yang indah.

RM Torani

Tempat wisata kuliner keempat yang juga bisa Anda jadikan alternatif untuk memikmati sajian khas dari Kota Balikpapan adalah RM Torani yang mana rumah makan ini berlokasi Jl. Jenderal Sudirman Nomor 73. Rumah makan ini juga menyediakan berbagai macam olahan hasil laut yang bisa Anda nikmati, tempatnya yang luas juga membuatnya sangat cocok untuk makan bersama keluarga.

Depot Simpang Empat

Jika keempat tempat makan sebelumnya menyajikan hidangan seafood maka rumah makan yang bernama Depot Simpang Empat ini akan menyajikan hidangan khas Balikpapan yang sedikit berbeda yakni berupa mantau dan sapi lada hitam yang sangat lezat dengan harga yang tidak terlalu mahal, rumah makan Depot Simpang Empat ini beralamat di Jalan Letjen Suprapto Nomor 6 Kebun Sayur, Balikpapan.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Balikpapan maka tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi berbagai sajian khas Balikpapan yang terkenal akan kelezatannya.

Show Comments

Popular Post