Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Gunung Favorit untuk Pendakian di Indonesia

PesonaBudaya.com - Kegiatan mendaki gunung menjadi pengalaman yang paling mengesankan bagi setiap orang, terlebih bagi yang baru pertama kali. Meskipun merasa lelah dan capek saat melakukan pendakian, namun keindahan di puncak gunung tak akan terbayarkan oleh apapun.

Rasa bahagia tercampur haru senantiasa menyelimuti para pendaki ketika sampai di puncak gunung. Momen berfoto dengan latar belakang pegunungan menjadi hal yang tak terlupakan untuk kebutuhan feed.

Indonesia memiliki banyak gunung sebagai tempat pendakian. Hal ini karena memang faktor geografis sehingga letaknya di ketinggian dengan menyuguhkan pemandangan sangat indah.

Bagi para pecinta alam dan hobi berpetualang mendaki gunung akan sangat menyenangkan. Inilah gunung yang sering dijadikan sebagai tempat pendakian.

4 Gunung yang Sering Jadi Tempat Pendakian


Gunung yang Sering Jadi Tempat Pendakian

Gunung Semeru, Jawa Timur


Gunung Semeru ialah gunung paling tinggi di pulau Jawa, persisnya di Taman Nasional Bromo Tengger, Semeru. 

Karena itu tidaklah aneh bila gunung ini sering jadi tujuan favorit untuk beberapa pencinta alam, terutamanya pendaki gunung indonesia. 

Kenyataannya Gunung Semeru statusnya masih pada kondisi aktif memang masih ramai didatangi oleh beberapa pendaki. Apa lagi Gunung Semeru mempunyai pemandangan alam yang paling cantik ditambahkan ada banyak danau elok yang berada di lintasan pendakian. Jika pernah menonton film "5 cm" tentu tahu spot satu ini.

Gunung Merapi, Yogyakarta


Gunung Merapi memang termasuk sebagai gunung berapi yang aktif sampai saat ini. Kabarnya di sejauh pendakian Gunung Merapi banyak peristiwa aneh dan penuh mistis. 

Perihal ini Gunung Merapi terhitung gunung unik, tidak sama dengan gunung-gunung yang lain mudah diketahui oleh beberapa pakar vulkanologi mengenai kapan Gunung Merapi akan meletus atau mungkin tidak aktif kembali. 

Di wilayah puncak Gunung Merapi kelihatan sangat sempit dan tidak ada tempat terbuka yang luas. Berhati-hatilah saat Anda datang di kawah gunung ini sebab banyak yang memakan korban nyawa banyak pendaki.

Gunung Merbabu, Jawa Tengah


Keelokan alam dari Gunung Merbabu dapat Anda rasakan secara maksimal saat datang di puncak gunung ini. Apa lagi Gunung Merbabu termasuk gunung berapi yang tidak aktif kembali, hingga pendakian sampai ke puncak gunung benar-benar aman.

Menariknya bila cuaca sedang bagus, panorama di puncak Gunung Merbabu akan nampak spesial. Pasalnya ada gumpalan awan putihnya akan membuat seperti gelombang pantai yang menarik.

Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat


Gunung terakhir yang tidak luput dari sorotan layar lebar, Gunung Rinjani yang disebut gunung berapi ke-2 paling tinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Karena keelokan panorama Gunung Rinjani membuat wilayah gunung ini sering didaki baik pelancong dalam negeri atau wisatawan asing.

Tetapi udara di Gunung Rinjani cukup dingin dengan temperatur udara umumnya di sana seputar 20°C dan temperatur paling rendahnya 12°C.

Itulah ulasan singkat dari gunung yang paling sering didaki oleh para pendaki. Semoga apa yang telah disampaikan tadi bisa mengispirasi Anda untuk melakukan pendakian di beberapa gunung di Indonesia.
Show Comments

Popular Post