Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

5 Obat Susah Buang Air Besar Secara Alami

Pesonabudaya.com - Obat untuk melancarkan BAB bermanfaat untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Biasanya terjadi pada orang yang jarang mengonsumsi serat, juga jarang sekali minum air putih. 

Ada banyak sekali obat yang bisa digunakan dalam mengatasi masalah kesehatan yang satu ini, namun Anda harus tetap memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah dosis penggunaannya, supaya bisa mencegah terjadinya efek samping yang membahayakan.

5 Obat Susah Buang Air Besar Secara Alami

Obat Susah Buang Air Besar

Berikut ini adalah beberapa obat yang bisa digunakan untuk melancarkan BAB secara alami, silahkan disimak:

Laxadine Sirup

Di dalam obat untuk melancarkan BAB ini terkandung Phenolphtalein, Paraffin cair, dan juga Gliserin. 

Dalam setiap zat aktif yang ada di dalamnya ini mampu mendukung kerja usus lewat cara melicinkan jalannya, serta menambahkan volume feses sehingga masalah sembelit pun teratasi.  

Obat pencahar ini aman-aman saja untuk digunakan sehari-hari, tetapi harus meminum banyak air supaya tubuh bisa tetap terhidrasi, dan terhindar dari kekurangan cairan juga kekurangan ion tubuh.

Apabila ingin diberikan pada ibu hamil, orang lanjut usia dan anak di bawah 6 tahun, konsultasikan dulu pada dokter yang bersangkutan ya. 

Dulcolax Tablet

Produk yang satu ini sudah banyak diiklankan di media cetak dan TV, merupakan tipe pencahar stimulan dan banyak digunakan oleh masyarakat.

Biasanya rumah sakit akan menggunakan obat ini untuk mengosongkan usus pasien yang akan melakukan operasi perut.

Bukan hanya itu saja, obat untuk melancarkan BAB ini juga bisa digunakan untuk mengatasi konstipasi, memberikan rasa lega dan bebas dari rasa sakit.

Kandungan aktif yang terkandung di dalamnya adalah bisakodil, dengan fungsi untuk merangsang kerja dan kontraksi usus besar, jadi feses pun akan dikeluarkan secara tuntas.

Setelah mengonsumsi obat, efeknya akan terasa setelah 6 – 12 jam kemudian. Jangan berikan obat ini pada anak-anak di bawah 4 tahun ya. 

Lactulax Sirup

Yang satu ini mungkin sedikit asing di telinga masyarakat awam, namun Lactulax diketahui mengandung Lactulose, yaitu gula dari senyawa fruktosa dan galaktosa, biasanya akan ditemukan dalam beberapa macam makanan yang biasa dikonsumsi.

Fungsi dari gula tersebut untuk membantu dalam meningkatkan kadar air yang ada dalam usus besar, sehingga feses pun menjadi lebih lunak. 

Efeknya pun lebih mudah untuk BAB tanpa drama dan mulas. Bukan hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa, sebab anak-anak pun bisa mengonsumsinya asal sudah ada rekomendasi dari dokter. 

Supaya hasilnya lebih efekif, maka saat mengonsumsinya harus dibarengi dengan banyak minum air putih.

Vegeta Herbal

Yang satu ini bisa Anda temukan dengan mudah di warung, toko dan apotek terdekat. Merupakan suplemen makanan yang menggunakan kombinasi serat dan laksatif alami yang berasal dari tanaman herbal.

Sangat efektif dalam melancarkan kerja usus dan juga bisa membersihkan tubuh Anda dari racun, lho. 

Microlax

Beda dengan produk lainnya, Mixrolax berbentuk tube dengan risi gel, penggunaannya dengan memasukkannya melalui dubur atau anus Anda. Umumnya tipe obat ini untuk pengobatan enema, namun untuk susah BAB pun bisa dimanfaatkan. Untuk anak-anak, pastikan ia sudah berusia lebih dari 3 tahun, ya. 

Microlax adalah obat untuk melancarkan BAB yang mengandung natrium lauril sulfoasetat, PEG 400 dan sorbitol. Semuanya ampuh untuk menurunkan tegangan permukaan feses dalam usus. 

Itulah dia beberapa rekomendasi obat untuk melancarkan BAB yang bisa Anda konsumsi. Imbangi dengan banyak minum air putih dan makan makanan berserat.

Show Comments

Popular Post