Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

6 Cara Efektif Mengatasi Anak Sulit Buang Air Besar

Pesonabudaya.com - Apakah anak sering sulit buang air besar? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara mengatasi anak susah BAB (buang air besar) yang efektif bisa Anda lakukan di rumah. Dengan demikian, rasa tidak nyaman yang ditimbulkan akibat sulit buang air besar pada anak bisa segera teratasi. 

Pada dasarnya kesulitan buang air besar (sembelit) bisa sangat mengganggu. Sulit buang air besar sendiri biasanya memiliki ciri berupa BAB yang kurang dari 3 kali per minggu, disertai dengan tekstur tinja yang kering, keras dan lebih kecil, sehingga menyebabkan rasa sakit. 

Sembelit merupakan salah satu masalah pada pencernaan yang umum terjadi, penyebab sulit buang air besar bisa bermacam – macam, mulai dari kurang minum air putih, jarang bergerak, sering menahan BAB dan pola makan yang tidak sehat. 

6 Cara Efektif Mengatasi Anak Sulit Buang Air Besar

6 Cara Efektif Mengatasi Anak Sulit Buang Air Besar

Memberi Anak Makanan Tinggi Serat

Pengkonsumsian makanan tinggi serat menjadi salah satu cara mengatasi anak sulit buang air besar yang paling efektif dan ampuh. 

Beberapa jenis makanan tinggi serat diantaranya seperti biji – bijian, kacang – kacangan, apel dan melon. 

Dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat maka yang demikian akan membuat tinja anak menjadi lebih lunak, sehingga mudah keluar. 

Menggunakan Garam Epsom

Ini adalah jenis garam Inggris yang juga bisa digunakan untuk mengatasi sembelit pada anak dan orang dewasa. Di dalam garam epsom terkandung magnesium sulfat. 

Apabila dilarutkan ke dalam air maka bisa menyembuhkan sembelit dalam jangka pendek. Silakan larutkan 2 sendok teh garam epsom ke dalam 250 mill air putih hangat. Aduk rata dan berikan pada si kecil. 

Selain diminum, garam epsom juga bisa digunakan untuk memandikan anak. Campurkan saja garam epson sebanyak 350 gram ke dalam bak mandi anak yang berisi air hangat, lalu biarkan anak berendam di dalamnya. 

Menggunakan Minyak Zaitun

Cara efektif atasi anak sembelit adalah menggunakan minyak zaitun. Campurkan 1 sendok makan minyak zaitun pada 1 gelas air jeruk.

Berikan campuran minyak zaitun tersebut pada anak. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan salad.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Anak

Pada saat anak kurang minum, maka tekstur tinjanya akan menjadi lebih kering dan keras sehingga hal tersebut membuatnya sulit untuk dikeluarkan saat BAB.

Oleh karenanya Anda perlu penuhi kebutuan cairan tubuh anak. Berikan anak cukup minum air putih untuk membuat tinjanya menjadi lebih lunak. 

Kurangi Pemberian Susu Sapi

Sebagian anak bisa mengalami sulit buang air besar akibat intoleransi laktosa, atau alergi susu sapi. 

Apabila Anda mendapati anak sering kesulitan saat BAB setelah mengkonsumsi susu sapi, sebaiknya hentikan pemberian susu sapi tersebut untuk sementara waktu. Ganti susu sapi dengan jenis susu lain yang bisa dikonsumsi anak. 

Dorong Anak Untuk Tetap Beraktifitas

Ketika mendapati anak kesulitan buang air besar, Anda bisa mengajaknya untuk lebih aktif bergerak untuk menyembuhkan sakit yang diderita. Berikan anak waktu bermain secara aktif 30 – 60 menit di setiap harinya.

Ini akan membantu menjaga pergerakan usus dan melancarkan pencernaan. Agar anak lebih bersemangat, Anda juga bisa ikut bermain atau berolahraga bersama anak. Misalnya dengan mengajak anak bersepeda, berjalan santai atau berenang. 

Demikian informasi seputar cara efektif mengatasi anak sulit buang air besar yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan informasi ini agar makin banyak orantua yang mengetahui cara mengatasi anak sulit buang air besar.


Show Comments

Popular Post