Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

4 Keunggulan Astra FMS, Jadi Solusi Pengelolaan Transportasi dan Logistik

Layaknya perusahaan dari berbagai sektor, perusahaan transportasi pun turut memerlukan kehadiran teknologi untuk membantu segala pekerjaan menjadi lebih efisien dan produktif. Sebab, sistem pengelolaan tradisional saja dinilai kurang efektif untuk menjalankan roda perusahaan.

Meskipun popularitasnya di Indonesia belum setinggi di negara-negara barat, namun saat ini, keberadaan fleet management system untuk pengelolaan kendaraan di perusahaan transportasi bukan lagi menjadi hal yang baru.

Lebih dari apa pun, teknologi fleet management menawarkan berbagai keunggulan yang mampu memberikan keuntungan untuk bisnis. Salah satunya adalah menurunkan tingkat risiko dan memangkas biaya-biaya yang tidak perlu.

Lalu, apa sajakah kelebihan dari sistem manajemen in hingga kehadirannya dinilai sangat membantu berbagai jenis bisnis, terutama perusahaan transportasi dan logistik. Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Fleet Management System?


4 Keunggulan Astra FMS, Jadi Solusi Pengelolaan Transportasi dan Logistik

Sederhananya, fleet management adalah sistem yang dirancang untuk mengelola kendaraan komersial, seperti mobil, van, dan truk. Adapun tujuannya adalah untuk memastikan kendaraan tersebut digunakan dengan efisien dan aman, serta selalu berada dalam kondisi baik-baik saja.

Tergantung dari sektor industri yang dijalani, teknologi ini memiliki fitur untuk melakukan tracking aset dan mengelola berbagai peralatan berat, agar bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas armada. Selain itu, penerapan teknologi ini juga akan memperbaiki sistem keamanan untuk para pengemudi.

Memiliki spesialisasi di bidang jual beli kendaraan bekas, solusi transportasi, dan pengelolaan logistik, PT Serasi Autoraya (SERA) pun turut meluncurkan sistem manajemen fleet yang bernama Astra FMS untuk membuktikan komitmen SERA dalam memberikan pelayanan terbaik.

Sebagai pionir, Astra FMS hadir untuk memberikan layanan yang memudahkan perusahaan mengelola armadanya, hingga memberikan kombinasi layanan berupa pengelolaan maintenance, monitor kebiasaan pengemudi ketika di jalan, mencatat laporan penggunaan bahan bakar, dan lain-lain.

Keunggulan yang Ditawarkan Astra FMS


Memanfaatkan teknologi fleet management system dapat membantu perusahaan transportasi Indonesia memperbaiki operasional di beberapa aspek penting, misalnya:

1. Meningkatkan Efisiensi dan Menghapus Biaya Tidak Perlu


Salah satu faktor utama yang melatarbelakangi lahirnya teknologi FMS adalah efisiensi yang dapat dilihat dengan adanya report sesuai kebutuhan perusahaan.

Data yang nantinya diterima pengguna akan berupa insight dan informasi yang actionable untuk mengetahui letak permasalahan (jika ada), hingga mengambil langkah terukur mengatasi permasalahan.

2. Maintenance Lebih Efektif


Menjalankan bisnis di bidang transportasi dan logistik tentu tidak terlepas dari adanya maintenance yang bisa menjadi faktor penyebab budgeting membengkak. Anda pun bisa mengontrol biaya maintenance dengan lebih baik.

FMS akan mengumpulkan data, seperti jumlah kilometer, berapa jam mesin berjalan, penggunaan bahan bakar, dan lain sebagainya, untuk membuat jadwal servis kendaraan sebagai tindakan preventif.

Kemudian, FMS memiliki kemampuan untuk merekam downtime setiap armada akibat unit mogok, aki mati, penderekan, dan perbaikan emergency. Informasi tersebut mampu mengidentifikasi potensi masalah terkait kendaraan hingga menyesuaikan jadwal servis berikutnya.

Menggunakan Astra FMS merupakan investasi penting untuk perusahaan di bidang bisnis logistik dan transportasi. Apabila jadwal maintenance sesuai dengan kebutuhan kendaraan, maka penghematan pun bukan lagi sebuah wacana.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan


Bukan rahasia lagi jika bisnis tidak hanya fokus pada profit, namun juga memperhatikan kepuasan pelanggan. Menggunakan FMS akan membantu bisnis memberikan apa yang diperlukan pelanggan dengan tepat sasaran.

Kepuasan pelanggan juga akan semakin meningkat berkat FMS yang mampu menyederhanakan sistem pemesanan, serta fitur appointment reminders agar pelanggan bisa melihat estimasi waktu dan lokasi yang akurat melalui data GPS.

4. Perencanaan Rute Lebih Baik


Tak hanya berguna untuk proses tracking, fleet management system juga memungkinkan Anda membuat perencanaan matang dan terukur. Untuk menjalankan bisnis logistik, Anda pun bisa merencanakan hari dan rute perjalanan untuk melakukan pengiriman serta cara distribusi paling efisien.

Demikian berbagai informasi yang perlu Anda ketahui tentang fleet management system dari SERA. Sebagai pemilik perusahaan transportasi, sebaiknya Anda menggunakan Astra FMS untuk pengelolaan kendaraan yang lebih baik.
Show Comments

Popular Post